Basarnas Ternate Evakuasi "Longboat" Berpenumpang 22 Orang Tenggelam

Share:

Tim Basarnas Ternate bersama warga mengevakuasi sebanyak 22 penumpang l"ongboat "tenggelam di Perairan Pulau Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Provinsi Maluku Utara, dan ditemukan empat orang meninggal dunia, Ahad (25/9/2022).
Photo: Abdul Fatah/ant


satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) bersama warga mengevakuasi sebanyak 22 penumpang "longboat" tenggelam di Perairan Pulau Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), dan untuk sementara ditemukan empat orang meninggal dunia.


 "Akibat insiden nahas kapal tenggelam di perairan Kepulauan Sula ini, empat orang ditemukan meninggal dunia dan 18 lainnya selamat," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman di Ternate, Minggu (25/9/2022).

Ia menjelaskan berdasarkan informasi, longboat itu tenggelam pada Ahad (25/9) pagi. Awalnya bertolak dari Desa Buya dan menuju ke Sanana, dan sekitar pukul 08.15 WIT, longboat tersebut dilaporkan terbalik di Perairan Desa Paslal.

Setelah menerima laporan insiden itu tim SAR Gabungan langsung bergerak ke lokasi melakukan evakuasi korban ke Desa Paslal.

Ia mengatakan, sekitar pukul 12.55 WIT tim SAR gabungan tiba di Desa Paslal dengan membawa semua korban yang telah dievakuasi lalu dilakukan pendataan.

"Setelah dievakuasi, tim SAR gabungan kemudian melakukan pendataan terhadap para penumpang dan empat orang dalam keadaan meninggal dunia, sedangkan empat orang lainnya dievakuasi ke RSUD untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan karena alami trauma," kata Fathur Rahman .

Sementara itu, berdasarkan data, empat nama korban yang meninggal dunia tersebut adalah Hasria Safi (7 tahun), Tete ona (70 tahun), Ni Umamit (57 tahun), Jaria Hania (45 tahun).

Sedangkan, nama-nama korban yang selamat. Spaldin Umadir (Motoris), Safi Umasugi (45), Marjuki embisa (30 tahun), Marjatia embisa (8 tahun), Suman Umadir (25 tahun), Hajrin Tidore (15 tahun), Bahrudin (25 tahun), Ruwaidah (37 tahun), Wacici Pramida (15 tahun), Sayina Sapsuha (54 tahun), Nurlaila Tidore (20 tahun), Nurfadila (24 tahun), Sanusi, Awria Sapsuha, Sri Sapsuha, Sahwan, Lajuma dan Farid., demikian Fathur Rahman.




Penulis : Abdul Fatah
Penerbit : Redaksi
Share:
Komentar

Berita Terkini