Putra Maluku Utara Jabat Pangdam XVII/Cenderawasih

Share:

satumalukuID – Perwira tinggi (Pati) berbintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) TNI asal Maluku Utara diangkat oleh Panglima TNI menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih.

Sosok tersebut adalah Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang lahir di Ternate, Maluku Utara pada 14 Maret 1969.

Informasi yang dihimpun Selasa 2 Agustus 2022, pengangkatan itu berdasarkan Surat Keputusan Penglima TNI Nomor 700/VII/2022. Data di laman Wikipedia.org. Saleh Mustafa ditulis jabat Pangdam Cenderawasih sejak 29 Juli 2022.

Dalam SK Panglima TNI tersebut tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI diantaranya ada tiga Pangdam yang diganti.

Yaitu Pangdam XVII/Cenderawasih, Pangdam XIV Hasanudin dan Pangdam II/Sriwinaya.

Mayjen TNI Saleh Mustafa yang sebelumnya jabat Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II dipromosikan mengisi jabatan Pangdam Cenderawasih.

Ia menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang dipromosi untuk jabat Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) gantikan Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang pindah tugas sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI ganti Letjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Putera Ternate Maluku Utara tersebut, sebelumnya juga pernah duduki posisi strategis dalam kariernya. Diantaranya.

Jadi Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya di Jakarta. Juga pernah menjabat Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri.

Sebelumnya sejak 13 April 2016 sampai dengan 27 Oktober 2017 mengemban amanat sebagai Danrem 132/Tadulako.

Saleh Mustafa juga ternyata prajurit TNI yang lahir dari satuan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Di Kopassus dia pernah jabat berbagai jabatan penting, seperti Wakil Asisten Operasi Komandan Jenderal Kopassus; lalu memegang tongkat komando Komandan Grup 1 Kopassus Eka Wastu Baladhika; dan Pamen Ahli Kopassus Bidang Pendidikan dan Latihan.

“Kita berdua latihan Komando (di Kopassus) sama-sama,” ungkap Brigjen TNI Arnold Ritiauw, rekan seangkatan alumni Akmil 1991 dengan Saleh Mustafa yang dihubungi media ini, Selasa (2/8/2022).

Ritiauw adalah mantan Danrem 151/Binaiya yang kini menjabat Inspektur Divisi Infanteri III Kostrad.

Secara terpisah, Letjen TNI Purn Jeffry Rahawarin membenarkan Mayjen Saleh Mustafa berasal dari Ternate.

“Beliau masuk dalam group WA Akabr (Akmil) asal Maluku yang kami bentuk. Selamat untuk penuasan sebagai Pangdam Cenderawasih,” ujar Rahawarin, yang mantan Pangdam Pattimura dan Panglima Kogabwilhan III ini.

Share:
Komentar

Berita Terkini