Karnaval Ratusan Anak PAUD Meriahkan HUT RI di Ternate

Share:

satumalukuID – Ratusan anak-anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) se-Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) berpartisipasi dalam pawai karnaval untuk meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

“Sebanyak 158 mobil ikut pada pawai yang diikuti 70 PAUD di Ternate, bertemakan Bangga Menjadi Anak Indonesia, Merdeka, Mandiri dan Tangguh,” kata Ketua Panitia Kegiatan, Siti di Ternate, Kamis (18/8/2022). Dia menjelaskan, kegiatan karnaval ini merupakan agenda rutin dari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Ternate, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut agar anak bisa dibina untuk menunjukkan rasa nasionalisme mereka sejak usia dini.

“Mereka kita bina agar sudah terbiasa sejak kecil, tahun lalu akibat COVID-19 jadi sempat terhenti, dan tahun ini kita lanjutkan,” kata Siti.

Menurut dia, karnaval tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, dengan mengambil start di depan Kantor Wali Kota menuju ke Jalan Kelurahan Soasio – Bastion dan kembali ke titik awal.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia HUT Proklamasi Kota Ternate, Tony Pontoh menyatakan, untuk perayaan HUT Proklamasi kali ini sangat meriah dibanding tahun sebelumnya karena kondisi COVID-19 melandai.

Menurut dia, warga di Ternate sangat antusias untuk berpartisipasi mengikuti dan menyaksikan berbagai mata lomba dalam perayaan HUT Proklamasi RI ke-77 yang berlangsung di 78 kelurahan yang tersebar di Kota Ternate.

“Warga menikmati perayaan HUT Proklamasi dengan berbagai lomba yang unik dan lucu seperti lomba sepakbola dangdut, lomba poco-poco dan berbagai permainan anak-anak yang sudah ditingggalkan kembali diangkat dalam perayaan HUT Proklamasi tahun 2022 ini,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah titik keramaian di berbagai kabupaten/kota di Malut dipenuhi berbagai umbul-umbul di lingkungan permukiman warga hingga berbagai perkantoran pemerintah maupun swasta.

Di kota Ternate misalnya, seluruh instansi perkantoran pemerintah dan swasta telah memasang seluruh umbul-umbul maupun berbagai pernak-pernik yang sangat inovatif dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Share:
Komentar

Berita Terkini