Polisi Awasi Pembongkaran 1.800 Liter Minyak Goreng Curah di Saparua Maluku

Share:

satumalukuID – Jajaran Polresta Ambon & Pulau-Pulau Lease melalui Polsek Saparua, mengawasi aktivitas pembongkaran 1.800 liter minyak goreng (Migor) curah yang masuk ke Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

“Migor curah ini awalnya dibongkar dari peti kemas milik PT. Tri Samudera di Pelabuhan Ambon dan diangkut ke Pulau Saparua,” kata Kasie Humas Polresta setempat, Ipda Moyo Utomo di Ambon, Rabu (6/7/2022).

Menurut dia, 1.800 liter Migor curah tersebut dikemas dalam jerigen ukuran 18 liter sebanyak 100 jerigen dan diangkut dengan mobil truk menuju Toko Makmur Jaya di Jalan Terminal Saparua hingga diterima pengelola gudang.

“Tujuan pengawasan aktivitas pembongkaran Migor curah ini guna mencegah terjadinya isu penimbunan dan kelangkaan di pasaran yang bisa berdampak naiknya harga,” ujar Moyo Utomo.

Sehingga pengawasan aparat kepolisian secara langsung dalam aktivitas pembongkaran Migor curah ini sekaligus menunjukkan adanya sikap transparan dari pemilik toko atau gudang.

“Aries Gunawan selaku penanggungjawab dan pemilik toko melibatkan aparat kepolisian dalam aktivitas ini sehingga publik juga bisa tahu berapa banyak migor curah yang masuk dan dijual kepada masyarakat,” katanya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menyatakan minyak goreng curah yang masuk ke Maluku didatangkan dari Jawa oleh distributor PT. Tri Samudra atas kerja sama dengan produsen minyak kelapa sawit Wilmar, yakni salah satu produsen yang ditugaskan pemerintah untuk menangani minyak goreng di Indonesia. Migor curah sudah didistribusikan hingga ke pedagang pengecer sejak bulan April 2022.

Belakangan ini ada distributor lain yang juga memasukkan Migor curah, yakni distributor Sepakat di Kota Ambon.

Harga Migor curah yang dipasarkan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 11 Tahun 2022 adalah sebesar Rp14.000/liter atau Rp15.500/Kg. Penjualannya menggunakan KTP sebagai syarat, belum menggunakan aplikasi PeduliLindungi karena keterbatasan jaringan internet di daerah.

Data terakhir pada periode April-Mei 2022, sudah ada sebanyak 283 ribu ton Migor curah yang masuk melalui distributor ke Maluku.

Share:
Komentar

Berita Terkini