PLN Ambon Gerak Cepat Pulihkan Gangguan Listrik Dampak Cuaca Ekstrem

Share:

satumalukuID – PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) bergerak cepat pulihkan kelistrikan di wilayah terdampak padam akibat kondisi cuaca ekstrem di wilayah pulau Ambon sejak Jumat (8/7/2022).

“Lokasi terdampak padam akibat cuaca ekstrem hingga Sabtu, yakni Desa Lula, Mamua, Waitomu, Tahoku, Hila, Kaitetu, Kalauli, Seith, Negeri 5, Waimuli, Ureng, Asilulu, Batu Lubang, Lai, Larike dan Wakasihu,” kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Yusrizal, di Ambon, Sabtu (9/7/2022).

Ia mengatakan, tim PLN bergerak cepat memperbaiki jaringan kelistrikan yang rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang di sejumlah lokasi. “Hingga saat kami terus melakukan proses pemulihan akibat cuaca ekstrim yang mengakibatkan aset tenaga listrik berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) di lokasi yang tertimpa pohon yang tumbang”, katanya.

Ia menyatakan, petugas PLN di lapangan tengah melakukan perbaikan di beberapa titik lokasi lainnya yang terdapat gangguan pada jaringan kelistrikan di Ambon.

“Seperti di daerah Telaga Kodok dan Kampung Durian dimana JTM kami mengalami kerusakan pada siku penyangga akibat cuaca ekstrem kemarin”, katanya.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan PLN adalah memastikan titik-titik gangguan berada dalam zona aman dari potensi bahaya listrik untuk masyarakat sekitar.

“Kami juga mengimbau masyarakat di Ambon dan sekitarnya untuk mengantisipasi bahaya kelistrikan di sekitarnya mengingat cuaca yang cukup ekstrem”, kata Yusrizal.

Diakuinya, cuaca dengan intensitas hujan disertai banjir, juga berpotensi menyebabkan pohon tumbang akibat angin kencang yang bisa menimpa jaringan listrik.

“Sebagai langkah antisipasi guna menjaga keamanan listrik di dalam rumah masing-masing saat musim hujan seperti ini, kami juga mengajak pelanggan untuk secara rutin mengecek kondisi instalasi kelistrikan di rumahnya untuk memastikan tidak ada potensi bahaya kelistrikan seperti misalnya kabel yang terkelupas”, katanya.

PLN pun menghimbau masyarakat untuk selalu mengecek semua peralatan listrik dan elektronik yang ada di tempat tinggal sebelum tidur, dan memastikannya telah terlepas dari stop kontak saat tidak digunakan.

Share:
Komentar

Berita Terkini