Cuaca Buruk Beberapa Hari Terakhir, Basarnas Instruksikan Seluruh Personel Tingkatkan Kesiapsiagaan

Share:

satumalukuID – Basarnas menginstruksikan seluruh personel Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), untuk intensif meningkatkan kesiapsiagaan mulai dari peralatan hingga sumber daya manusia (SDM), guna mengantisipasi berbagai musibah, menyusul cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir.

“Saya menekankan kepada personil Basarnas Ternate untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan juga menjaga peralatan SAR yang dimiliki, baik itu palsar darat, palsar laut serta kendaraan operasional,” kata Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno, SE,MM di hadapan personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Jumat (8/7/2022).

Dalam kunjungan ini, Deputi memberikan pengarahan secara tatap muka langsung kepada seluruh pejabat dan personil Kantor Basarnas Ternate.

R Eko Suyatno mengatakan tujuan utamanya ke Ternate ialah mendampingi kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Provinsi Maluku Utara pada tanggal 8 hingga 9 Juli 2022, sehingga deputi menyempatkan untuk mengunjungi Kantor Basarnas Ternate.

Ditambahkan R Eko Suyayno untuk menjalin koordinasi dengan baik bersama _stakeholder_ di wilayah kerja Kantor Basarnas Ternate, karena keberhasilan pelaksanaan tugas Basarnas didukung tiga komponen utama yaitu tersedianya SDM yang kompeten dan profesional, tersedianya sarana prasarana memadai, dan adanya sistem dan prosedur pencarian yang handal.

Pada kesempatan ini deputi juga meninjau secara langsung alut laut yaitu Kapal KN SAR 237 Pandudewanata milik Basarnas Ternate, serta memberikan arahan juga kepada para nahkoda dan ABK kapal.

Share:
Komentar

Berita Terkini