Polda Maluku Utara Gelar Bakti Kesehatan Operasi Celah Bibir Secara Gratis

Share:

satumalukuID – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara melalui Biddokes menggelar Bakti kesehatan operasi celah bibir dan celah langit-langit untuk 22 orang secara gratis untuk memperingati hari Bhayangkara ke-76.

“Sebanyak 22 orang peserta mengikuti operasi celah bibir dan langit-langit dan 35 orang mengikuti khitanan massal dan kegiatan di lanjutkan dengan penyerahan bingkisan Kapolda kepada perwakilan peserta sebagai bentuk kepedulian terhadap sesame,” kata Kabid Dokkes Polda Maluku Utara AKBP dr. Mintarya Suryanto di Ternate, Senin (14/6/2022).

Dia mengatakan, bakti kesehatan ini merupakan kegiatan positif yang diharapkan mampu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan operasi celah bibir dan langit-langit serta khitanan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membuat bibir sumbing menjadi mendekati bentuk normal dan untuk mengembalikan fungsi organ, memperbaiki sisi estetik serta memberikan rasa kepercayaan diri kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin menambahkan, sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat dalam upaya membantu dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di era pandemi COVID-19 saat ini, Polri khususnya Polda Maluku Utara pada peringatan hari Bhayangkara Ke-76 tahun 2022 melaksanakan rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yaitu operasi celah bibir dan celah langit-langit serta khitanan massal secara gratis.

Kapolda juga menyampaikan bahwa penderita celah bibir dan langit-langit kebanyakan mengalami masalah dalam penampilan dan berkomunikasi, keadaan ini dapat mengganggu perkembangan kepribadian sehingga penderita dapat kehilangan kepercayaan diri dalam berinteraksi sosial di tengah masyarakat

“Dengan adanya operasi celah bibir dan langit – langit yang kita laksanakan ini diharapkan dapat membangun rasa percaya diri penderita sehingga bisa hidup sehat dan berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, dan  begitu pula dengan adanya kegiatan khitanan massal yang diadakan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan Polri terhadap masyarakat,” ucapnya.

Kapolda menyampaikan apresiasinya ke seluruh tim medis dari Persatuan ahli bedah mulut dan maksilofasial Indonesia (PABMI), Smile Train, Biddokkes dan Rumkit Bhayangkara TK.IV ternate serta semua pihak yang terlibat dan berperan aktif dalam terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil ketika  dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut menambahkan, dalam kegiatan bakti kesehatan ini Polda bekerjasama dengan Yayasan Smile Train Indonesia dan persatuan Ahli bedah mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI)

“Sebanyak 33 Tenaga Kesehatan dilibatkan dalam bakti kesehatan ini, yang terdiri dari dokter bedah mulut 5 orang, dokter anastesi 3 orang, dokter spesialis anak 1 orang, dokter residen bedah mulut 3 orang, dokter umum 5 orang, dokter gigi 1 orang, perawat 12 orang dan penata anastesi 3 orang,” ujarnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini