PLN Melalui Program TJSL Bantu UMKM Kripik Buah Naga di Maluku Tengah

Share:

satumalukuID – PLN melalui program PLN Peduli atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berpartisipasi dalam peningkatan produktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di desa Rutah kabupaten Maluku Tengah.

PLN memberikan bantuan kepada dua UMKM Kripik buah naga dan jajanan mama Bhabin berupa peralatan produksi dengan total bantuan senilai Rp140 juta, kata Senior Manajer Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Hermes E. Mozes Ansanay dalam keterangan yang diterima di Ambon, Kamis (2/6/2022).

Ia mengatakan, UMKM merupakan garda terdepan dalam pertumbuhan ekonomi. Melalui program PLN Peduli diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta pendapatan masyarakat di Desa Rutah.

“Bantuan yang diberikan kami kemas dengan konsep Electrifying Lifestyle. Kami berharap dengan menggunakan listrik dapat mempermudah dan mempercepat proses produksi yang semula masih konvensional sekaligus berkontribusi terhadap penggunaan energi yang hijau,” ujar Hermes.

Tidak hanya itu, PLN katanya juga membantu menghubungkan kedua UMKM ini dengan pasar secara digital untuk perluasan pemasaran melalui market place (lokapasar) PLN pada aplikasi PLN Mobile.

“Upaya ini dilakukan agar produk UMKM tidak hanya dikenal di Kabupaten Maluku Tengah saja tetapi dikenal di seluruh pelosok negeri,” kata Hermes.

Ketua kelompok UMKM KruPIKK Buah Naga, I Gusti Made Ayu Sri Udiani menyampaikan terima kasih atas bantuan serta kesempatan untuk mengambil peluang dari hasil produksi buah naga yang melimpah yang kemudian diolah menjadi jajanan yang lebih modern.

“Kami melihat peluang pembuatan kerupuk buah naga pasca peningkatan hasil panen buah naga setelah dialiri listrik PLN,” ujar Ayu.

Sebelumnya proses pembuatan KruPIKK masih dilakukan secara manual,.setelah mendapat bantuan dari PLN, semua proses menjadi terelektrifikasi yang tentu saja sangat memudahkan proses produksi KruPIKK buah naga.

Sementara itu Ketua Kelompok UMKM Desa Rutah, Sri J. Latarissa menyatakan, bantuan dari PLN sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha.

“Dengan adanya program PLN Peduli yang memberikan bantuan langsung kepada pengembangan UMKM di desa kami ini, tentu kami sangat terbantu dalam hal percepatan proses produksi dan meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, ” kata Sri.

Share:
Komentar

Berita Terkini