Mendagri Lantik Letjen TNI Pur Jeffry Rahawarin Jabat Deputi 3 BNPP

Share:

satumalukuID – Letnan Jenderal (Letjen) TNI Pur Jeffry Apoly Rahawarin dilantik oleh Mendagri M. Tito Karnavian sebagai Deputi 3 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Rabu (8/6/2022).

Pelantikan dan serah terima jabatan tersebut dilaksanakan di Jakarta langsung dipimpin Mendagri.

Rahawarin menjadi Deputi 3 membawahi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan yang sebelumnya dijabat oleh Florensius Gatot Yanrianto SE MSi.

Sesuai dengan informasi resmi di website bnpp.go.id dijelaskan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (disingkat BNPP) adalah Badan Pengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan sebagaimana dimaksud Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara.

BNPP merupakan lembaga nonstruktural yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden serta lembaga terkait dengan Kementerian Dalam Negeti (Kemendagri) dan pengarah adalah Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Sementara itu, Rahawarin yang dihubungi media ini untuk dimintai komentarnya, belum merespon panggilan telepon maupun pesan WhatsApp.

Sebagaimana diketahui, Jeffry Rahawarin merupakan mantan Panglima Kodam XVI Pattimura dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III yang membawahi wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Karier militer Rahawarin saat pangkat Kolonel adalah menjabat sebagai Asisten Intelijen Kasdam II/Sriwijaya (2010—2012).

Setelah itu, putra Maluku ini lama bertugas di Kemenko Polhukam. Dimulai sebagai Kepala Bidang Pemilu Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden pada Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenko Polhukam (2012—2018).

Kemudian saat berpangkat Brigjen, ia menjadi Asisten Deputi Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenko Polhukam (2018) berlanjut menjabat Asisten Deputi Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam (2018—2021).

Selanjutnya, alumni SMA Negeri 1 Ambon ini dinaikkan pangkatnya menjadi Mayjen atau jenderal bintang dua dan menjadi Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam (2021).

Rahawarin yang jebolan Akademi Militer tahun 1988 lantas promosi jadi Pangdam Pattimura dan Pangkogabwilhan III. Ia pensiun dari militer dengan pangkat tiga bintang pada Januari 2022.

Share:
Komentar

Berita Terkini