Ketua TP-PKK Kota Ambon Dikukuhkan sebagai Bunda Generasi Berencana

Share:

satumalukuID – Penjabat Ketua TP-PKK Kota Ambon, Lisa M.Wattimena dikukuhkan menjadi Bunda Generasi Berencana (Genre) Kota Ambon oleh Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad.

Pengukuhan bunda Genre kota Ambon dilakukan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan penurunan kekerdilan, Selasa (21/6/2022).

Ketua TP-PKK provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad menyatakan, pengukuhan Pj.Ketua TP-PKK sebagai bunda Genre hendaknya tidak dipandang sebagai acara seremonial saja, namun ada amanah dan tanggungjawab mulia yang harus dikerjakan.

“Kita semua tau segala sesuatu yang dilakukan tanpa perencanaan yang baik, pasti hasilnya pun tidak baik, demikian pula penting bagi kita mengedukasi generasi muda supaya mampu merencanakan hidup dengan baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, tugas bunda Genre melakukan pendampingan dan pembinaan kepada remaja atau generasi muda agar merencanakan masa depan mereka, mulai dari merencanakan pendidikan, mengajarkan remaja menjauhi pernikahan dini dan seks pranikah.

“Melalui program Genre remaja diajak untuk menyiapkan generasi berkeluarga melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mampu melangsungkan pendidikan secara terencana, berkarier dalam pekerjaan dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” katanya.

Selain itu, pemahaman kekerdilan bisa dimulai sejak dini sejak usia remaja atau kepada calon pengantin sehingga anak yang dilahirkan bisa terhindar dari bahaya kekerdilan.

Widya berharap, besarnya peran bunda Genre maka Pj.Ketua TP PKK kota Ambon yang telah dikukuhkan dapat berkontribusi dalam upaya percepatan penurunan angka kekerdilan serta peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas di kota Ambon.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena
mengatakan, jadikan amanah bunda genre sebagai pengabdian dalam menciptakan generasi muda berencana yang tangguh.

“Kita telah memiliki 66 kelompok pusat informasi kesehatan remaja, yang melibatkan mahasiswa – mahasiswi, angkatan muda GPM, remaja masjid di desa dan kelurahan. Edukasi mereka, yakinkan agar menjadi konselor sebaya buat teman2 sebaya tentang generasi berencana, dengan demikian akan lahir generasi gemilang, tangguh dan sehat” tandasnya.

Sementara itu, Pj.Ketua TP PKK Kota Ambon setelah dikukuhkan sebagai bunda Genre Kota Ambon, menyatakan siap menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan Jajaran TP-PKK provinsi Maluku dan stakholder lainnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini