Boeing 737-800 Lion Air Mulai Layani Penerbangan Ambon-Langgur

Share:

satumalukuID – Pesawat Boeing 737-800 NG dari maskapai Lion Air kini mulai melayani rute penerbangan Ambon-Langgur yang ditandai dengan penerbangan perdana di Bandara Karel Sadsuitubun, Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu (15/6/2022).

Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun mengatakan, kehadiran pesawat berbadan besar tersebut seakan menjawab kerinduan masyarakat baik Malra maupun Kota Tual akan layanan transportasi udara di daerah terluar Provinsi Maluku itu.

“Jelas bahwa kita harus membuka konektivitas, dan saya sudah melalang buana kesana kemari mencari ada tidaknya maskapai dengan pesawat Boeing yang mau masuk dan melayani dua daerah ini, dan kini sudah terjawab,” kata Thaher saat menyambut penerbangan perdana Lion Air di Bandara Karel Sadsuitubun.

Pesawat Boeing 737-800 adalah varian 737-700 yang diperpanjang, dan bersaing dengan Airbus A320. Pesawat seri 737-800 dapat menampung 162 penumpang dalam konfigurasi dua kelas, atau 189 penumpang dalam konfigurasi semuanya kelas ekonomi.

Thaher mengatakan kehadiran Lion Air saat ini selain telah membantu akses penerbangan Kepulauan Kei yang terdiri dari Kabupaten Malra dan Kota Tual, juga diharapkan dapat mempromosikan daerah tersebut dalam bidang pariwisata maupun perikanan.

“Lion Air memiliki Lion Service yang mempromosikan pariwisata di daerah-daerah, sehingga kami sangat berharap destinasi wisata yang kami miliki dapat masuk dalam lembaran layanan tersebut,” ujar Thaher.

Kepala Bandar Udara Karel Sadsuitubun Mahdan Idzoar, mengatakan sangat berharap kehadiran pesawat Lion Air akan membawa dampak yang lebih baik untuk perkembangan bisnis penerbangan dan perekonomian daerah. Saat ini untuk rute Ambon – Langgur juga sudah maskapai Sriwijaya Air sehingga kehadiran Lion Air bisa membawa warna yang lebih baik dalam membantu masyarakat.

“Dan kami pihak Bandara akan membantu operator siapa saja yang masuk kemari, dengan membangun  dalam operasional yang baik, safety, security, dan presisi,” ujar Mahdan.

Sementara itu, Perwakilan Lion Air, Rahmat Dian Saputra, mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk bisa terbang ke Langgur membuka rute dan penerbangan baru.

“Terima kasih atas dukungan seluruh pihak sehingga Lion Air bisa melakukan penerbangan perdana untuk hari ini,” ujarnya.

Ia mengatakan dari pihak maskapai memerlukan dukungan semua pihak untuk dapat melayani masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual agar bisa lancar ke depannya.

“Untuk rute ini kami akan melayani setiap hari yakni Ambon – Langgur pukul 07.40 WIT, sementara dari Langgur – Ambon pukul 09.40 WIT,” ujar Rahmat Dian Saputra.

Share:
Komentar

Berita Terkini