Pemerintah Kota Ambon Canangkan Bulan Imunisasi Anak 2022

Share:

satumalukuID – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Maluku, mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 untuk anak usia 9 bulan hingga di bawah 12 tahun.

“Dukungan dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan program imunisasi ini,” Kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena saat pencanangan BIAN 2022 di Ambon, Sabtu (28/5/2022).

Ia mengatakan imunisasi merupakan upaya kesehatan yang aman, hemat biaya dan berdampak besar dalam melindungi masyarakat dari berbagai penyakit menular berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Tiga tahun terakhir ini, katanya, cakupan imunisasi rutin terjadi penurunan signifikan, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, hal ini menyebabkan jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak.

Pemerintah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan rubella pada tahun 2023, sehingga diperlukan strategi pencapaian eliminasi campak dan rubella.

Selain itu juga perlu melakukan langkah yang serius untuk menekan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (pd31) yang saat ini telah mulai terjadi masyarakat agar tidak menjadi masalah baru di tengah pandemi yang belum juga berakhir.

“Untuk itu diperlukan upaya terintegrasi melalui kegiatan imunisasi tambahan imunisasi kejar guna menutup kesenjangan imunitas di masyarakat,” katanya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat mensosialisasikan kegiatan imunisasi ini masyarakat dan mendorong masyarakat untuk mengikuti program imunisasi yang telah diprogram dan sementara diselenggarakan pemerintah.

“Para camat saya perintahkan untuk dapat menggerakkan aparat pemerintah di wilayahnya untuk mendorong semua anak yang berusia antara 9 bulan hingga di bawah 12 tahun untuk datang di pos pelayanan imunisasi, silahkan dikejar sampai ke rt/rw untuk memastikan semua anak mendapatkan imunisasi, ” Ujarnya.

Kepala dinas kesehatan, Wendy Pelupessy menjelaskan, sasaran BIAN yaitu anak usia 9 bulan s.d kurang dari 12 tahun.

Untuk anak usia di bawah dua tahun diberikan atau lengkapi status vaksinasi untuk anak 2-12 tahun diberikan vaksinasi campak dan rubella.

Pencanangan BIAN 2022 secara nasional telah dilaksanakan pada18 Mei 2022, sedangkan di Kota Ambon dimulai sejak 19 Mei di posyandu dan sekolah-sekolah.

Share:
Komentar

Berita Terkini