Nelayan Halmahera Timur Dapat Bantuan Alat Tangkap Perikanan

Share:

satumalukuID – Puluhan nelayan asal Halmahera Timur, Maluku Utara, mendapat bantuan alat tangkap perikanan dalam upaya mengatasi kemiskinan dan meningkatkan pendapatan nelayan saat melaut.

“Bantuan ini diberikan kepada 20 nelayan di Desa Ekor dan Nusa Jaya untuk memperoleh bantuan alat tangkap perikanan dan bantuan tersebut berasal dari program pemberdayaan yang digagas oleh PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP),” kata Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub dihubungi di Ternate, Sabtu (21/5/2022).

Bagi Ubaid, bantuan ini merupakan langkah baik dalam membantu pemerintah mengatasi kemiskinan dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya nelayan.

“Nelayan di Halmahera Timur butuh bantuan, maka kita butuh dukungan, termasuk kehadiran IWIP. Sepanjang ada yang berinvestasi kenapa ditolak,” katanya.

Ia mengapresiasi  bantuan tersebut dan berharap bantuan tersebut memberikan nilai tambah bagi nelayan.

Bantuan IWIP tersebuy berupa 20 unit perahu fiber lengkap dengan mesin, jangkar, tali dan pelampung. Tidak hanya memberikan dukungan dalam bentuk barang, PT IWIP juga memberikan pelatihan mengenai keselamatan di laut.

Sementara salah seorang nelayan Halmahera Timur Rusdi Kulaba yang juga penerima bantuan mengaku senang dengan dukungan yang diberikan PT IWIP, karena sesuai yang dibutuhkan masyarakat nelayan.

“Saya berterima kasih kepada PT IWIP yang sudah memberikan bantuan alat tangkap perikanan. Ini dukungan yang kami butuhkan. Semoga ke depannya dukungan-dukungan seperti ini terus berlanjut,” katanya.

Di tempat terpisah Superintendent Eksternal PT IWIP I Gede Pandu Wirawan mengatakan program ini lahir dari diskusi antara perusahaan dengan para kepala desa. Menurut dia, jika sebuah program hanya berasal dari perusahaan, bisa jadi program tersebut tidak dibutuhkan atau kurang pas.

“Makanya dalam setiap program yang akan kita jalankan ke depannya, itu semua kita harapkan berasal dari ide masyarakat yang paling membutuhkan,” katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini