Layanan Masyarakat Dinilai Lebih Rapih dan Cepat, Dirjen Dukcapil Apresiasi Dispendukcapil Kota Ambon

Share:

satumalukuID – Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Ambon. yang dinilai lebih cepat, rapi dan lebih baik sehingga masyarakat nyaman saat mengurus administrasi kependudukan yang dibutuhkan.

“Kunjungan saya ingin memastikan layanan administrasi kependudukan di Kota Ambon berjalan dengan baik, lebih cepat dan bisa membuat masyarakat lebih nyaman,” katanya saat meninjau layanan di Dispendukcapil Ambon, Jumat (20/5/2022).

Ia menyatakan, layanan di Dispendukcapil mengalami perubahan dibandingkan kunjungan di akhir tahun 2020. “Alhamdullilah layanan di sini sudah berbeda dari tahun 2020 saat saya datang, sekarang sudah jauh lebih rapih dan pembenahan ini penting,” katanya.

Zudan menyatakan telah menerima informasi bahwa layanan di Dinas Catatan Sipil juga lebih cepat dan tempatnya lebih nyaman.

“Harapan saya bukan hanya tempatnya lebih nyaman, tetapi layanannya juga lebih cepat dan baik,” ujarnya.

Ia mengakui, minat masyarakat memperbarui data kependudukan dimaknai sebagai sebuah kemajuan budaya adminduk.

“Saya juga melihat kinerja semakin meningkat dengan cakupan akte lahir, akte kematian dan perekaman e-ktp yang semakin meningkat​​​​​​​,”  ucapnya.

Dalam kunjungannya, Dirjjen Zudan juga sempat berbincang dengan masyarakat yang mengurus  pencetakan e-ktp dan akte perkawinan. “Ibu mengurus apa? Apakah lebih cepat ? Sudah menunggu sejak pukul berapa?,”  tanya Zudan sambil menyerahkan e-ktp kepada warga.

Selain itu, Zudan  juga memantau langsung layanan di Dispendukcapil dan memberikan semangat bagi ASN yang sementara melayani masyarakat.

Selain memantau pelayanan di Dispendukcapil, Dirjen juga mengunjungi Balai Kota Ambon untuk melihat operasional mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Share:
Komentar

Berita Terkini