Arus Penumpang H+2 Lebaran di Pelabuhan Semut Ternate Relatif Normal

Share:

satumalukuID – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, menyatakan, aktivitas Pelabuhan Semut Mangga Dua Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) pada Kamis atau H+2 Lebaran mencapai 1.280 orang atau relatif normal jika dibandingkan pada H+1 kemarin sebanyak 1.120 orang.

“Berdasarkan laporan, penumpang pada H+3 hari ini alami peningkatan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, karena penumpang hingga pukul 18.00 WIT  tercatat 1.280 orang, sedangkan kemarin 1.120 orang” kata Kepala Danpos Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua Ternate, Aprianto S kepada, Kamis (5/5/2022).

Menurut Aprianto  para penumpang kapal  tersebut merupakan warga warga yang akan mengunjungi keluarganya terutama di Sofifi maupun Oba, Tidore Kepulauan. Selain itu, penumpang yang akan ke Kota Ternate rata-rata merupakan warga dari Pulau Halmahera yang akan berbelanja.

Aprianto mengemukakan, berdasarkan pengalaman arus balik pada 2021, pada H+5 hingga H+7 biasanya akan terjadi lonjakan penumpang arus balik kembali ke Kota Ternate, karena aktivitas perkantoran di pemerintahan maupun sektor swasta mulai dibuka.

Sementara itu, Kepala Pos Pelabuhan Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dufa-Dufa Ternate, M Nur Naipon ketika dihubungi menyatakan, pada H+2 Lebaran belum terlihat adanya peningkatan arus balik yang signifikan  kembali ke Kota Ternate.

“Saat ini, belum terlihat lonjakan penumpang pemudik Lebaran melalui jalur pelabuhan speedboat Dufa-Dufa akan mudik ke daerah Jailolo atau sebaliknya,” katanya.

Kendati demikian, seluruh petugas Pos tetap disiagakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut seperti speedboat maupun kapal rute Ternate-Jailolo PP.

Share:
Komentar

Berita Terkini