PLN Siagakan 2.556 Personel Amankan Listrik selama Ramadhan-Idul Fitri

Share:

satumalukuID – PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku Maluku Utara menyiagakan 2.556 personel untuk mengamankan pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Keseluruhan personel disiagakan mulai 1 April hingga 10 Mei 2022, yang terdiri antara lain petugas pelayanan teknik, tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) serta operator pembangkit, kata Manajer Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara Hairul Hatala di Ambon, Maluku, Jumat (1/4/2022).

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan keandalan pasokan listrik dengan melakukan penilaian dan pemeliharaan preventif pada seluruh instalasi pembangkit, transmisi dan distribusi.

Saat ini, katanya, kondisi beban kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara masih dalam kondisi terdampak pandemi COVID-19, tetapi diproyeksikan beban relatif lebih tinggi dibandingkan dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

Diproyeksikan beban puncak pada sistem kelistrikan dari 109 sistem isolated di Maluku dan Maluku Utara secara keseluruhan saat Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H mencapai 226,21 MW.

“Jumlah tersebut lebih tinggi 10 persen jika dibandingkan dengan beban tahun lalu yang mencapai 203,41 MW,” katanya.

Untuk sistem kelistrikan Amboni, beban puncak saat Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H diproyeksikan mencapai 59,20 MW, dengan daya mampu sebesar 107,7 MW, maka terdapat cadangan daya sebesar 48,50 MW.

Sedangkan, untuk sistem kelistrikan Ternate-Tidore, beban puncak saat Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H diproyeksikan mencapai 37,88 MW, dengan daya mampu sebesar 45,28 MW, maka cadangan daya yang tersedia mencapai 7,40 MW.

“Kami juga menyiagakan lima unit uninteruptible power supply (UPS), 29 Unit gardu bergerak dan 32 unit genset tersebar di Maluku dan Maluku Utara yang akan disiagakan pada titik-titik strategis khususnya rumah-rumah ibadah,” kata Hairul.

Di samping itu, PLN juga memastikan ketahanan stok bahan bakar pembangkit tersedia cukup selama masa siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

“Kami juga mengimbau seluruh pelanggan untuk dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile jika terdapat gangguan kelistrikan maupun pengaduan permasalahan kelistrikan lainnya yang dialami,” ujar Hairul.

Share:
Komentar

Berita Terkini