Peneguhan Sidi Baru GPM; Jemaat Rehoboth Terbanyak 445 Orang, Bethel 102, Silo 57, Passo 97

Share:

satumalukuID – Peneguhan anggota Sidi baru Gereja Protestan Maluku (GPM) dilakukan secara serempak dalam proses kebaktian pada jemaat masing-masing di wilayah pelayanan Klasis seluruh Maluku dan Maluku Utara, Minggu 10 April 2022.

Menurut Sekretaris Umum (Sekum) Sinode GPM, Pdt Izaac Sapulete STh total anggota Sidi baru yang diteguhkan sebanyak 14.300 orang, mereka berada di 763 Jemaat GPM yang masuk dalam 34 Klasis di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Pantauan dan data yang dihimpun media ini, Minggu (10/4/2022), jemaat GPM Rehoboth yang masuk wilayah pelayanan Klasis Pulau Ambon di kawasan Batugantung, Wainitu, Kudamati dan sekitarnya, merupakan jemaat yang meneguhkan anggota Sidi baru terbanyak yakni 445 orang.

“Di jemaat Rehoboth dilaksanakan dua kali peneguhan. Yaitu pukul 06.00 WIT dan 10.00 WIT pada gereja induk maupun Balai Kerohanian (BK),” ujar Joferd Pattiasina, salah satu majelis jemaat setempat.

Sedangkan untuk Klasis Kota Ambon yang terdiri dari 20 jemaat yang diteguhkan sebanyak 841 orang.

Dari jumlah tersebut, jemaat GPM Bethel terbanyak yang diteguhkan yaitu 106 orang. Peneguhan juga dilakukan dua kali di Gereja Joseph Kam lantaran gereja induk sedang direhabilitasi.

“Dibagi dua kali yakni pukul 09.00 WIT untuk 52 orang dan 16.00 WIT untuk 54 orang,” kata Ny Jeane Tuhumury/P, majelis jemaat Bethel.

Dua jemaat lain yang berada di pusat kota pada Klasis GPM Kota Ambon yakni jemaat Silo juga diteguhkan 57 orang anggota Sidi baru, sedangkan jemaat Bethania 47 orang.

Sementara itu, di jemaat Negeri Passo yang masuk wilayah pelayanan Klasis Ambon Timur peneguhan anggota Sidi baru dilaksanakan kepada 97 orang.

“Total 97 orang. Peneguhan dilakukan di gereja Nafiri Sion dan gereja Cahaya Kehidupan,” jelas Chaky Parera, Wakil Ketua Majelis Jemaat GPM Passo.

Sementara itu, di Klasis Ambon Utara yang diteguhkan totalnya 756 orang. Termasuk didalamnya 16 orang dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambon (Negeri Lama) dan 7 orang dari Rumah Tahanan (Rutan) di Waiheru.

Data lain yang dihimpun, di Klasis GPM Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, ada 856 orang anggota Sidi baru yang diteguhkan.

“”Sidi adalah pengakuan iman untuk menjadi pengiring Kristus. Proses pendidikannya disebut Katekisasi, yang peneguhannya menjadi anggota Sidi Gereja,” jelas Pdt Izaac Sapulete STh. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini