Pelayaran PD Panca Karya Ambon Siapkan Tiga Armada Mudik Gratis

Share:

satumalukuID – Pelayaran Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya menyiapkan tiga armada untuk para pelaku mudik gratis, yakni Kapal motor penyeberangan (KMP) Tanjung Kuako, KMP Sardinela, dan KMP Bahtera Nusantara 02.

“Untuk melayani tiga lintasan ini, kami menyiapkan tiga armada, yang pertama KMP Tanjung Kuako dan KMP Sardinela, itu melayani Waai-Kailolo dan Hunimua Waipirit, dan untuk lintasan Ambon-Banda-Tual, itu KMP Bahtera Nusantara 02,” kata Kepala unit usaha pelayaran PD Panca karya, Cornelis di Ambon, Senin (25/4/2022).

Ia mengatakan, mudik gratis ini akan dilaksanakan mulai dari 26 April sampai dengan 2 Mei 2022.

“Pada 26 April  itu lintasan Ambon-Banda-Tual, 29 dan 30 April lintasan Hunimua-Waipirit, dan 29 April dan 2 Mei itu lintasan Waai-Kailolo. Itu kita lakukan sesuai dengan kuota kapasitas penumpang yang ada di kapal,” kata Cornelis.

Cornelis menyebutkan, kuota yang diterima sesuai dengan kapasitas penumpang, dengan jumlah 274 orang untuk penumpangnya. Kalau untuk kendaraan golongan dua dan empat tetap dikenakan tiket.

“Diprioritaskan untuk yang mudik ini untuk saudara Muslim. Apabila kuota itu tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan untuk yang lain, tapi khususnya, kita dahulukan yang muslim dulu,” ucapnya.

Menurutnya, puncak mudik ini diperkirakan H-7 untuk pelaksanaan mudik dan H+7 untuk arus balik.

“Jadi ini puncaknya H-7, dan dimulai dari besok, 26 April 2022,” katanya.

Untuk diketahui, dari panca karya dalam rangka mudik Lebaran tahun 2022, dari program di PD Panca karya dan kepedulian Gubernur Maluku untuk masyarakat Maluku terkhusus para pelajar mahasiswa yang berkuliah di Ambon, PD Panca Karya melakukan program tiket gratis.

Share:
Komentar

Berita Terkini