Mantan Ketum DPP GAMKI dan Sekretaris DPD Partai Golkar Maluku Meninggal

Share:

satumalukuID – Maluku kehilangan salah satu aktifis dan politisi senior, Pdt Dicky Mozes Mailoa STh. Beliau menghembuskan napas terakhirnya di RS Siloam Ambon pada Rabu (6/4/2022), sekitar pukul 14.00 WIT.

Mantan Ketua Umum (Ketum) DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dan Sekretaris DPD Partai Golkar Maluku 2005-2009 itu, meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

“Om Dicky meninggal karena serangan jantung sekitar pukul 14.00 WIT di RS Siloam Ambon. Jenasah rencananya dimakamkan pada hari Sabtu,” ujar Claudia Soplantila, ponakan almarhum kepada media ini Rabu (6/4/2022).

Semasa hidupnya, almarhum yang lahir di Saparua 18 April 1958 ini punya seabrek aktifitas berorganisasi baik di level lokal maupun nasional, kemudian terjun di dunia politik praktis melalui Partai Golkar.

“Sedih sekali rasanya kehilangan Bung Pdt. Dicky Mozes Maloa. Selamat jalan dalam keabadian cinta Allah. Semoga Usi Lies Marantika dan Ade Gennaio Mailoa diteguhkan Tuhan untuk menghadapinya,” tulis Sekretaris Umum PGI Pdt Jacky Manuputty STh di akun FB nya.

Ucapan duka dan rasa kehilangan atas wafatnya sosok Dicky Mozes Mailoa dari berbagai kalangan terus muncul di media sosial yang terpantau.

Almarhum meninggalkan istrinya yang juga adalah aktifis perempuan yaikni Pdt Lies Marantika STh dan satu anak Gennario Mailoa.

Dari data yang diihimpun, Dicky Mosez Mailoa adalah alumni Sekolah Tinggi Theologia (STT GPM/sekarang Fakultas Theologia UKIM).

Ia punya segudang pengalaman organisasi mahasiswa, kepemudaan, keagamaan dan sosial politik di Ambon maupun nasional di Jakarta. Diantaranya mantan Ketua GMKI Cabang Ambon, Sekfung PKK PP GMKI dan Sekum PP GMKI 1984-1986.

Kemudian juga Wakil Sekjen DPP KNPI, salah satu Ketua DPP KNPI, Kepala Biro Pemuda PGI dan puncaknya Ketua Umum DPP GAMKI.

Sedangkan di bidang politik, almarhum pernah mencapai karier sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar 2005 – 2009 dan mantan anggota DPRD Maluku.

Ketika itu Ketua DPD Partai Golkar Maluku dijabat Abdullah Tuasikal, mantan Bupati Maluku Tengah dan kini jadi anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

“Kami kehilangan senior yang punya banyak pengalaman berorganisasi. Sedih rasanya dengar kabar kepergian bung Dicky Mailoa,” tutur Vonny Litamahuputty, rekan almarhum di Partai Golkar Maluku. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini