Dinas Kesehatan Kota Ambon Layani Vaksinasi Malam Hari selama Ramadhan

Share:

satumalukuID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon menyiapkan layanan vaksinasi malam hari selama bulan Ramadhan 1443 hijriah.

“Kita akan membuka layanan vaksinasi malam hari bagi basudara (saudara) umat Islam yang melaksanakan puasa Ramadhan,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Wendy Pelupessy, Selasa (5/4/2022).

Pelayanan di puskesmas itu dibuka di kawasan Batu Merah dan sejumlah kawasan lainnya, agar masyarakat yang menjalankan ibadah puasa dapat melaksanakan vaksinasi malam hari.

“Kita akan tentukan jadwal pelayanan vaksinasi malam hari di puskesmas, walaupun siang hari lokasi vaksinasi di lapangan merdeka tetap dibuka,” katanya.

Vaksinasi selama Ramadhan, sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi saat Berpuasa yang memperbolehkan vaksinasi saat puasa.

“Jadi vaksinasi tetap digelar selama puasa di wilayah kerja masing-masing puskesmas,” ujarnya.

Vaksinasi malam hari, kata Wendy juga sesuai dengan instruksi pemerintah melalui Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 terkait aturan perjalanan orang dalam negeri.

“Melalui edaran tersebut masyarakat akan mencari lokasi vaksinasi terdekat jika berniat mudik,” katanya.

Layanan tidak hanya vaksinasi ketiga atau booster, tetapi juga layanan vaksin pertama dan kedua untuk anak-anak dan lanjut usia.

Jenis vaksin yang disediakan adalah Sinovac, Moderna dan AstraZeneca.

Share:
Komentar

Berita Terkini