Ambon Seleksi Enumerator Guna Pendataan Lengkap Koperasi & UMKM 2022

Share:

satumalukuID – Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon memfasilitasi seleksi pelaksanaan pendataan atau enumerator kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) 2022 di Ibu Kota Provinsi Maluku itu.

“Dinas koperasi dan UKM Kota Ambon dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku melakukan seleksi enumerator data tunggal koperasi dan UMKM Kota Ambon, guna mempercepat proses pembangunan basis data tunggal KUMKM oleh Kementerian Koperasi dan UKM, ” kata Kepala dinas koperasi dan UKM kota Ambon, Marthen Kailuhu, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, enumerator merupakan petugas lapangan yang bertugas melakukan kegiatan pengumpulan data. Sebanyak 75 calon enumerator terdaftar dan dilakukan tahapan lanjutan seleksi administrasi dan wawancara, dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis oleh Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Maluku.

Pelaksanaan kegiatan PL-KUMKM 2022 dilaksanakan di wilayah kabupaten dan kota dengan mekanisme enumerator sesuai dengan kedudukannya melakukan pendataan terhadap Koperasi dan UMKM sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Proses pendataan dilakukan melalui sistem informasi data tunggal (SIDT) berupa aplikasi pendataan yang dikembangkan Kementerian.

Selain itu enumerator melakukan pendataan dengan target lima data per hari, atau 100 data per 20 hari kerja per bulan, atau 500 data per 100 hari kerja atau lima) bulan. Data yang dikumpulkan enumerator di input ke dalam SIDT-KUMKM yang selanjutnya akan diverifikasi oleh verifikator.

Ia menambahkan, enumerator akan melakukan wawancara dan pengisian kuesioner pendataan dengan menggunakan sarana pendataan yang tersedia di aplikasi mobile KUMKM atau sistem data tunggal KUMKM.

Serta melakukan pendataan sesuai dengan target yang disepakati dalam perjanjian kerja, selama jangka waktu yang telah ditetapkan.

Share:
Komentar

Berita Terkini