Perusahaan Tambang di Halmahera Selatan Sediakan Ambulans Laut

Share:

satumalukuID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Maluku Utara, mengapresiasi inisiatif perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah itu menyediakan ambulans laut untuk membantu masyarakat saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Memang, HARITA Nickel akan menyediakan satu unit ambulans laut ke Pemkab Halmahera Selatan guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Pulau Obi,” kata Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik saat dihubungi di Ternate, Kamis (31/3/2022).

Dirinya mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh HARITA Nickel kepada Pemkab Halmahera Selatan. Menurutnya, bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Usman juga berharap kerja sama antara Pemda Halmahera Selatan dan HARITA Nickel dapat terus terjalin.

“Semoga akan terus ada kerja sama yang terjalin. Pemda akan ‘support’ investasi demi kebaikan masyarakat. Kita juga harus saling jaga, karena kita tahu bahwa pertambangan nikel adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Halmahera Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald J Hermanus menyatakan selain membantu menyediakan ambulans air atau laut, pihaknya juga membangun kantor kecamatan yang akan berguna bagi peningkatan layanan masyarakat, ditambah ambulans laut yang akan diserahkan ke RSUD Obi.

Dia menyebutkan ambulans tersebut sangat bermanfaat bagi warga Obi yang belum memiliki jalan darat. Satu-satunya agar akses kesehatan semakin meningkat di Obi adalah dengan ambulans air agar seluruh warga Obi bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kami berharap, dukungan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya di Pulau Obi. Semoga kantor kecamatan yang baru bisa membuat kinerja pemerintahan menjadi lebih baik, dan hadirnya ambulans laut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Semoga pembangunan Kantor Kecamatan Obi bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga semakin cepat dapat digunakan,” kata Donald.

Donald juga menyampaikan ambulans yang akan diberikan dipesan secara khusus dan dilengkapi dengan peralatan sesuai standar ambulans.

Ambulans tersebut akan dioperasikan oleh RSUD Obi. Adanya ambulans tidak hanya bermanfaat bagi pertolongan evakuasi masyarakat semata. Ambulans juga dapat digunakan untuk pelayanan kesehatan keliling Pulau Obi.

“Harapan kami sederhana. Semoga ambulans laut ini dapat digunakan secara optimal bagi masyarakat, tidak hanya sekadar mengangkut pasien semata. Ambulans juga dapat digunakan untuk pelayanan kesehatan keliling bagi masyarakat Obi. Semoga kualitas kesehatan masyarakat semakin meningkat dan tidak ada lagi warga yang tidak tertolong karena ketiadaan transportasi kesehatan yang memadai,” ujar Donald.

Pembangunan kantor kecamatan bermanfaat dalam menjalankan pemerintahan di Obi dan bantuan ambulans juga dapat membantu masyarakat dalam transportasi laut, misalnya untuk orang yang hendak melahirkan maupun pasien rujukan.

Share:
Komentar

Berita Terkini