Sekot Ambon yang Baru Agus Ririmasse, Karateka Sabuk Hitam dengan Segudang Pengalaman

Share:

satumalukuID – Akhirnya terjawab sudah siapa yang jadi Sekretaris Kota (Sekot) Ambon. Dialah Drs Agus Ririmasse AP MSi. Nama itu terpilih dari enam calon Sekot yang ikut seleksi setelah pejabat sebelumnya A.G. Latuheru resmi pensiun.

Kepastian ia jabat Sekot Ambon terjadi pada Selasa 21 Desember 2021, pukul 16.00 WIT bertempat di Tribun Lapangan Merdeka, saat dirinya dilantik oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy SH. Turut hadir saat itu Walikota Kupang dan anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Siapakah Agus Ririmasse? Sesuai biodata nya, Agus lahir di Ambon 22 Februari 1975. Ia adalah anak dari pasangan John Ririmasse dan Elsye Souisa, merupakan alumni SD Kristen Urimesing A2 Ambon, SMP Negeri 1 Ambon dan SMA Negeri 7 Ambon.

Selanjutnya ikut pendidikan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor Bandung, Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Depdagri Jakarta dan Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI) Jakarts.

Sebelum mengabdi di kota kelahirannya sebagai Sekot Ambon, Agus sudah berpengalaman dalam pemerintahan. Ia mulai karier dari jenjang bawah hingga menjabat berbagai jabatan strategis di Pemkot Kupang dan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pernah raih predikat Lurah terbaik tingkat Provinsi NTT tahun 1998. Jabatan Camat juga sempat dijabatnya. Terakhir, Agus duduki posisi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Kupang.

Ia sempat bertugas sebagai staf di kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan dan juga salah satu Kepala Seksi pada Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Jakarta.

Seabrek jabatan, penghargaan dan prestasi baik di bidang pemerintahan, organisasi kepemudaan KNPI, lembaga non pemerintah maupun di bidang olahraga seperti Ketua Perbasi dan Ketua FORKI Kupang juga pengurus provinsi, pengurus KONI serta pernah jadi atlet karate atau karateka dan pelatih.

 ANAK WARTAWAN

Tanpa diketahui banyak kalangan di Ambon, Agus Ririmasse adalah anak dari mantan wartawan senior di Ambon pada era 1970 an hingga 1990 an yaitu John Ririmasse.

Semasa hidupnya, John Ririmasse merupakan wartawan beberapa media cetak diantaranya koran Sinar Harapan Edisi Maluku, LKBN ANTARA dan Mingguan Suara Maluku hingga jadi Harian Suara Maluku pun almarhum tetap bergabung sampai beliau undur diri.

“Iya benar. Beta papa itu untuk John Ririmasse. Beliau memang wartawan saat beta dan basudara masih sekolah di Ambon. Jadi, profesi jurnalis atau dunia pers, tidak asing bagi kami sekeluarga,” ungkap Agus kepada media ini, setelah dilantik sebagai Sekot Ambon, Selasa (21/12/2021).

Menurutnya, pekerjaan wartawan adalah sebuah profesi yang butuh profesionalisme, keuletan, kerja keras, disiplin, skill dan bangun relasional. “Beta lihat itu ditakukan papa semasa jadi wartawan. Beta bangga sebagai anak wartawan,” ujarnya.

Lantaran itu, Agus menyatakan, dalam menjalankan tugasnya sebagai Sekot Ambon, dirinya akan membangun kemitraan dengan kalangan wartawan berbagai media massa.

“Wartawan atau media massa sangat penting untuk sosialisasi dan penyebaran berbagai informasi, program dan kebijakan pembangunan oleh Pemkot Ambon. Apalagi kini adalah era nya informasi dan komunikasi,” tutur Agus, yang beristrikan Dra Yohana G. Pakereng AP MSi dan memiliki dua putra.

ATLET DAN PELATIH KARATE

Ada sisi lain dari figur Sekot Ambon yang baru ini. Apa itu?

Ternyata Agus Ririmasse adalah mantan atlet karate atau karateka yang punya prestasi nasional. Bahkan juga menjadi pelatih tim NTT untuk even nasional dan internasional.

Seabrek prestasi sudah diraihnya. Diantaranya meraih medali emas Kumite -70 Kg Kejurnas STIE YPKP Piala Menpora tahun 1994 di Bandung, medali emas Kumite Beregu dan kelas +80 Kejurnas Piala Pangdam Udayana 1998 di Kupang, medali emas Piala Kapolda NTT 2001 di Kupang, dan skuat Tim Pra PON Karate NTT 2000 di NTB,

Saat pensiun sebagai karateka, pengalaman dan kemampuan Agus Ririmasse tetap digunakan. Ia alih fungsi jadi pelatih dan membawa anak asuhannya bertanding di level internasional.

Diantaranya ia menjadi pelatih tim nasional PB INKANAS pada kejuaraan karate AFUKO tahun 2005 di China. Berikutnya, pelatih tim FORKI NTT pada kejuaraan karate Malaysia Open 2019 di Kuala Lumpur serta pelatih tim FORKI NTT pada kejuaraan Thailand Open 2019 di Bangkok.

“Beta dari dulu memang geluti olahraga karate. Serius berlatih dan disiplin itu kuncinya, sehingga bentuk karakter kita. Setelah pensiun sebagai atlet, beta beralih jadi pelatih. Olahraga memang bagian dari hidup beta,” ungkap pemegang sabuk DAN IV sejak tahun 2010 di Jakarta ini.

Kini aktifitas keseharian Agus Ririmasse berlangsung di tanah kelahiran, tanah asalnya, Kota Ambon Manise yang punya moto “Bersatu Manggurebe Maju” dan berpredikat “City of Music”.

Selamat dan semoga sukses dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai Sekot Ambon. “Tete Manis berkati bung selalu”. (novi pinontoan)

Share:
Komentar

Berita Terkini