Pasar Padat, Macet, Teduh, Pengamanan Ketat dan Kembang Api, Warnai Ibadah Malam Natal di Ambon

Share:

satumalukuID – Satu hari jelang perayaan Natal Kristus 2021 di Kota Ambon dan sekitarnya, Jumat 24 Desember 2021, aktifitas masyarakat terutama umat Kristiani meningkat drastis memenuhi pasar, toko, supermarket, mall dan lainnya.

Pantauan media ini sejak pagi pukul 10.00 WIT hingga sore jelang ibadah persiapan malam Natal pada beberapa lokasi di pusat kota, terlihat macet dan padat pembeli di seputaran Pasar juga Terminal Mardika Batumerah dan sekitarnya.

Arus kendaraan baik roda dua dan empat yang hendak menuju arah pasar/terminal Mardika dan luar kota, macet total. Kawasan itu tumpah ruah dengan pembeli.

“Pasar paling padat dengan pembeli. Mau berjalan saja berdesakan dengan belanjaan. Jadi takut karena tidak ada jarak. Ada satu ibu sampai pingsan saat belanja,” ungkap Mina H, warga kawasan Urimesing.

Jalan AY Patty dan area Ambon Plaza serta sekitaran Lapangan Merdeka hingga jalan Tulukabessy menuju tanjakan Batumerah dan Kebun Cengkeh padat merayap hingga depan mall Maluku City Mall (MCM) di Tantui, termasuk kawadan Passo yang terdapat mall Ambon City Centre (ACC).

Tak cuma itu. Jalur jalan menuju kawasan Batugantung, Wainitu dan OSM ke arah Aisalobar dari lokasi tugu Trikora pun sempat alami kemacetan, lantaran warga penuhi swalayan Planet 2000 di Wainitu dan di Urimesing.

“Bukan macet dan padat pembeli saja. Tapi penjual juga naikkan harga. Beta beli cili atau cabe satu cupa dihargai Rp 20 ribu,” ucap Petu, pengendara becak dari kawasan Batugajah.

Lain lagi dialami Jimmy R, pengendara taksi dari Soya Kecil. Pasalnya, karena dua kali bawa pelanggan lewati jalur macet Mardika Batumerah akhirnya dia capek dan berikutnya tolak pesanan pelanggan.

“Macet dari Lapangan Merdeka ke arah Betumerah dan Kebun Cengkeh, padat kendaraan tanpa ada jarak. “Beta tolak penumpang. Karena capek di jalur macet. Jadi, beta minta anak laki-laki bawa mobil, lalu motornya beta pakai,” ungkap Jimmy.

SUASANA TEDUH DAN PENGAMANAN KETAT

Suasana kemacetan dan hiruk pikut pusat kota Ambon, akhirnya perlahan jalanan mulai sepi dan arus kendaraan lancar, ketika menjelang sore hari aktifitas warga khususnya umat Kristiani menurun.

Suasana teduh dan agamais pun terlihat. Pasalnya, umat Kristen mulai persiapan ibadah natal sejak sore hingga malam. Di jemaat gereja GPM Silo misalnya. Ibadah dilakukan tiga kali yaitu pukul 15.00 WIT, 17.00 WIT dan 19.00 WIT.

Sedangkan di jemaat GPM Bethel, ibadah dilaksanakan sebanyak empat kali dari pukul 15.00 WIT, 17.00 WIT, 19.00 WIT dan 21.00 WIT yang berlangsung di gereja Joseph Kam kawasan Belakang Soya, sebab gereja induk Bethel di Mardika sedang direnovasi.

Hal yang sama juga di gereja Bethania, Rehoboth di kawasan Batugantung dan Kudamati serta gereja Imanuel di daerah OSM dan lainnya.

Sebelum dan selesai ibadah, aparat keamanan Polri dan TNI memeriksa setiap sudut ruangan gereja dan halamannya. Alat metal detektor dipergunakan personil Brimob periksa setiap bagian bangunan.

“Tadi sebelum ibadah jam pertama, personil Brimob sudah memeriksa setiap ruangan ibadah. Jemaat juga tetap diminta taati prokes antisipasi virus Covid 19,” jelas Marviano P, anggota majelis jemaat GPM Silo di kawasan tugu Trikora.

Sementara itu, ketika warga Kristiani selesai mengucap syukur di rumahnya masing-masing pada pukul 00.00 WIT dinihari 25 Desember 2021, spontan secara serentak di berbagai kawasan diwarnai pesta kembang api.

Anak-anak, remaja, orang dewasa maupun keluarga tumpah ruah ke beberapa jalan utama pusat kota Ambon dengan kendaraan roda dua dan empat maupun berjalan kaki.

Mereka menyaksikan pesta kembang api. Terutama di kawasan Batugajah, Urimesing, Manggadua, Talake dan lainnya. Apalagi di bukit Batugajah, pesta kembang api biasanya berlangsung hingga jelang subuh.

OPERASI LILIN SIWALIMA

Operasi Lilin Siwalima 2021 resmi digelar Kamis (23/12/12). Apel pasukan dipimpin Gubernur Maluku Murad Ismail di Lapangan Letkol Pol CHR Tahapary, kawasan Tantui Ambon,.

Gelar dan pengecekan pasukan tersebut, untuk pengamanan perayaan Natal 25 Desember dan Tahun Baru 1 Januari 2022.

Apel pasukan gabungan ini terdiri dari satu satuan gabungan POM TNI dan Propam Polda Maluku, satu kompi gabungan personil TNI AD, AL dan AU.

Satu kompi gabungan personil Brimob, Sabhara dan Lalulintas, satu kompi gabungan personil Dit Pam Obvit, Dit Pol Airud dan Reserse Intelkam.

Serta satu kompi gabungan Satpol PP, Jasa Raharja, Dinas Pemadam Kebaran Kota Ambon, Basarnas Maluku dan Pramuka.. (SM-05)

Share:
Komentar

Berita Terkini