Ibadah Misa Malam Natal di Ambon Terapkan Protokol Kesehatan

Share:

satumalukuID – Pelaksanaan misa malam Natal di gereja dan katedral pada Jumat di Kota Ambon, Provinsi Maluku, tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan COVID-19.

Berdasarkan pantauan, Jumat malam, pelaksanaan prokes yang ketat terlihat di Gereja Protestan Maluku (GPM) Silo Klasis Kota Ambon dan Katedral Ambon. Di Katedral Ambon setiap jemaat yang akan masuk untuk misa malam Natal wajib mencuci tangan dengan sabun di bak cuci tangan yang disediakan keuskupan di samping katedral. Jemaat juga wajib menggunakan masker.

Selain itu, panitia Natal juga menyediakan tenda dan layar besar di halaman katedral agar jemaat tidak terlalu penuh di dalam ruangan.

Justus Penatua Patipawae, Sekretaris Jemaat GPM Silo Klasis Kota Ambon mengatakan, ibadah Natal tetap memberlakukan protokol kesehatan yang juga diperkuat dengan imbauan dari Sinode MPH GPM. Tujuannya sebagai upaya mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di rumah ibadah saat perayaan Hari Raya Natal.

“Jadi prokes tetap kita pakai. Satgas covid di sini ada, masuk cuci tangan, pakai Hand sanitizer, ukur suhu, setelah itu masuk ke bilik sterilisasi, kita di sini punya. Lalu ruang ibadah pun diatur tempat duduknya. Pada saat selesai ibadah pun, mereka juga diarahkan untuk tidak semua Sekali turun agar tidak terjadi kerumunan,” kata Justus kepada Antara.
Ia menerangkan, koordinator sektor ibadah akan dibagi sesuai jumlah jemaat agar tidak terjadi penumpukan dan menjaga jarak saat beribadah.

“Jadi kira urai supaya tidak terjadi penumpukan dan menjaga jarak dalam beribadah. Jadi misalnya kita disuruh 12 sektor kita pakai tiga gelombang. Empat sektor ibadah pertama, empat sektor lagi ibadah jam ke dua, empat sektor lagi jam berikutnya dan seterusnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam kondisi normal biasanya tidak mengatur posisi jemaat sesuai sektor-sektor. Namun, karena pandemi COVID-19 maka mereka menjaga aturan untuk menghindari kondisi yang membuat jemaat merasa tidak nyaman.

“Kita juga mendukung aturan pemerintah dengan anjuran supaya prokes itu tetap dijaga. Apalagi kondisi Ambon, dan PPKM 1 sudah mengarah ke zona hijau,” tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini