Wali Kota Ambon Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2021

Share:

satumalukuID – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 untuk kategori pelayanan publik terbaik di tengah pandemi COVID-19.

Penganugerahan penghargaan dari MNC Portal Media itu diterima Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, Sabtu.

Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler mengatakan, penghargaan Kepala Daerah Inovatif kategori pelayanan publik diberikan karena integrasi layanan publik melalui pembangunan Command Center Pemerintah Kota Ambon, Maluku.

“Command Center dianggap sukses untuk menjawab permasalahan publik di Kota Ambon,” katanya.

Penghargaan KDI adalah bentuk apresiasi MNC Portal Indonesia, terhadap pemerintah provinsi, kota/kabupaten, karena di masa pandemi COVID-19, kepala daerah dituntut melakukan inovasi dalam penanggulangan pandemi di daerah masing- masing.

Penghargaan KDI 2021 ini diberikan MNC Portal Indonesia yang merupakan bagian dari MNC Grup, kepada tiga gubernur, dan 13 bupati serta wali kota di Indonesia.

Empat kategori, yang masuk dalam penggunaan KDI 2021, di antaranya ekonomi, kesehatan, pelayanan publik, dan pendidikan.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz menjelaskan, integrasi layanan publik pada Command Center terdiri dari integrasi layanan CCTV untuk mendukung keamanan ketertiban masyarakat, monitoring dan pelaporan kondisi arus lalu lintas.

Dukungan penerapan ETLE, monitoring dan pelaporan kebersihan lingkungan, monitoring dan pelaporan situasi serta kondisi lima sungai besar.

Selain itu, katanya, ada juga Integrasi aplikasi berupa monitoring dan pelaporan layanan perizinan, monitoring dan pelaporan layanan surat menyurat mulai dari tingkat kelurahan, monitoring dan tindaklanjut laporan pengaduan masyarakat, monitoring dan pelaporan layanan pajak retribusi (Tapping Box/M-Pos).

Serta monitoring dan pelaporan operasi yustisi Satgas COVID-19, monitoring dan pendataan perkembangan kasus dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Monitoring dan evaluasi seluruh website dan aplikasi Pemerintah Kota Ambon, layanan data statistik sektoral Kota Ambon serta layanan keamanan data dan Jaringan internet Pemerintah Kota Ambon,” katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini