Peringati Sumpah Pemuda, Gabungan Komunitas Donorkan Darah di Wisata Sejarah

Share:

satumalukuID – Gabungan komunitas di Maluku Utara (Malut) memiliki cara berbeda untuk mengenalkan wisata bersejarah di Kota Ternate melalui momentum Sumpah Pemuda dengan melaksanakan donor darah untuk kemanusiaan.

“Kami sengaja membuat kegiatan donor darah di Benteng Oranje karena tempat ini merupakan objek wisata sejarah peninggalan Belanda. Jadi, peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momen yang tepat untuk mengenalkan tempat wisata sejarah di Kota Ternate,” kata Koordinator Acara, Imran Fauzi Lamusu, Minggu.

Dia menyatakan,  komunitas yang tergabung dalam Bold Riders dan Super Friends Maluku Utara ini menggelar kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah, Untuk Negeri 2021 di Benteng Oranje, Kota Ternate.

Benteng Oranje atau biasa juga disebut dengan nama Fort Oranje didirikan pada  26 Mei 1607 oleh Cornelius Matcliefde Jonge dan diberi nama Benteng Oranje oleh Francois Wiltlentt pada 1609, tepatnya pada masa Pemerintahan Sultan Mudaffar Sjah. Benteng ini terletak di pusat Kota Ternate. Saat ini Benteng Oranje sering menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas yang ada di Ternate.

“Banyak kegiatan komunitas dilakukan di Benteng Oranje. Nah, donor darah di Benteng Oranje memberikan image positif di mata masyarakat, bahwa anak-anak motor maupun pecinta alam ternyata mampu peduli terhadap sesama, ” kata Imran.

Dia mengemukakan, kegiatan donor darah di Benteng Oranje diikuti 10 komunitas yaitu Kawasaki Ninja Ternate Club, Maxi Malut Community, GSX Club Indonesia Chapter Maluku Utara, CB Ragat, CB Marimoi Tidore, Canga CB Galela, Suzuki Satria FU Club Ternate, Mapala Ummu, Karfapala Unkhair, dan MC_Pal Aikom Ternate. Dalam kegiatan ini terkumpul 43 kantong darah dari total 80 peserta.

Aktivitas donor darah oleh komunitas motor dan mapala di Ternate ini, merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Mereka juga ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI. Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Share:
Komentar

Berita Terkini