Peringati HUT TNI, Ratusan Prajurit Lantamal IX Ambon Bersihkan Sampah

Share:

satumalukuID – Ratusan prajurit TNI-AL dari Lantamal IX Ambon melalukan aksi memberishkan sampah di tiga titik di Teluk Ambon, Provinsi Maluku, Kamis, dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI.

“Pembersihan dan perawatan pantai Teluk Ambon ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga kebersihan, keasrian lingkungan pantai yang sehat sehingga ekosistem pantai tetap terjaga,” kata Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar), Said Latuconsina di Ambon, Kamis.

Ia menjelaskan, tiga lokasi bersih-bersih di Teluk Ambon antara lain di Pantai Halong, Pantai Galala, dan pantai di bawah Jembatan Merah Putih di Kota Ambon. Menurut Danlantamal IX, dengan lingkungan yang sehat, maka masyarakat akan terhindar dari penyakit. Sebelumnya, Lantamal IX melaksanakan perawatan Monumen Cristina Marthatiahahu pada 2 Oktober lalu.

“Selain itu, kebersihan lingkungan menciptakan kenyamanan, dan keasrian yang mendukung terbentuknya masyarakat sehat mental spiritual,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Galala, Kitty Rampala, yang sempat ikut pembersihan tadi pun, mengaku sangat senangi kegiatan pembersihan sampah. Pasalnya, ia juga risih dengan sampah yang mengotori pantai mereka.

“Dengan ada kegiatan seperti ini kan, entah dari mana yang buat, ini bisa mendorong kami juga dalam menjaga lingkungan,” ucapnya.

Menurutnya, sampah yang ada di sana juga akibat warga lain yang datang dan kerap bersantai di bawah Jembatan Merah Putih (JMP) serta sampah yang dibawa ombak ke wilayah mereka.

“Sampah ini tidak hanya dari kita saja. Saya juga kadang simpan sampah dalam plastik lalu nanti Bung di bak sampah. Biasanya itu anak-anak muda yang nongkrong di situ yang tidak bawa pulang sampah juga,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan ini sering dilakukan dan masyarakat Kota Ambon tidak lagi membuang sampah sembarangan. “Adakan teruslah kegiatan seperti ini. Dengan begini juga kita jadi sadar kalau buang sampah sembarangan itu tidak baik, terutama untuk kesehatan kita,” pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini