Pemkot Ambon dan Fakultas Kedokteran Udayana Kerja Sama Bidang Kesehatan

Share:

satumalukuID – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana melakukan penandatanganan kerja sama bidang kesehatan.

Penandatangan kerja sama dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon,  Wendy Pelupessy dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Komang Januartha Putra Pinatih, disaksikan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Denpasar Bali, Kamis.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, menyampaikan terima kasih kepada Dekan Fakultas kedokteran Universitas Udayana, yang bersedia melakukan kerja sama dengan Pemkot Ambon di bidang kesehatan, khususnya kesehatan mata.

“Penandatangan kerja sama ini merupakan kelanjutan dari MoU yang telah saya tandatangani dengan Rektor Universitas Udayana pada beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkot Ambon juga telah menjalin kerja sama kota kembar dengan Vlisingen di Belanda, dan Darwin di Australia.

Kerja sama diwujudkan dalam kerja sama, di bidang pendidikan, lingkungan hidup dan kesehatan. Di bidang kesehatan telah dibangun klinik mata, dana fisiknya dibangun Pemkot Ambon, sedangkan kelengkapan medisnya disiapkan oleh masyarakat Maluku di Vlisingen dan Pemerintah Kota Vlissingen.

Diakuinya, klinik mata sangat bermanfaat bagi masyarakat Ambon, tetapi keterbatasan dokter mata di kota Ambon, membuat Pemkot harus membangun jaringan kerja sama secara intens dengan sejumlah potensi kesehatan di Indonesia.

“Setelah melalui kajian dan berbagai pertimbangan, Pemkot Ambon memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali, yang telah berpengalaman menelorkan dokter spesialis mata yang berkualitas,” ujarnya.

Richard berharap, melalui kerja sama ini, kedepan klinik mata Ambon – Vlisingen tidak terbatas sebagai klinik, tetapi menjadi jawaban sebagai rumah sakit spesialis mata bagi warga kota Ambon.

“Karena minimnya dokter spesialis mata di Ambon, saya berharap agar kerjasama ini tidak terbatas hanya dalam bentuk statis, tapi harus bergerak kedepan sehingga betul – betul embrio ini menjadi kekuatan, untuk pada waktunya Ambon memiliki sebuah rumah sakit mata,” ujarnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali, Komang Januartha Putra Pinatih, mengakui, pihaknya sangat senang menjadi mitra dalam menyiapkan tenaga kesehatan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Ambon

Pihaknya berharap, kerja sama ini terus berkembang, sebagai institusi pendidikan tugasnya bukan hanya pendidikan dan pengajaran, tetapi juga penelitian, pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat,

“Kepercayaan ini akan kami laksanakan sebaik- baiknya, sehingga dapat memberikan manfaat bagi Pemkot juga masyarakat kota Ambon dan Universitas kedokteran Udayana,” tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini