Lantamal IX Ambon Bersihkan Monumen Martha Christina

Share:

satumalukuID – Sebanyak 100 pegawai dan personel Lantamal IX Ambon mengisi peringatan HUT Ke-76 TNI dengan melakukan aksi sosial pembersihan kawasan monumen pahlawan nasional asal Maluku, Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kota Ambon, Sabtu.

“Pembersihan lokasi Monumen Martha Christina merupakan salah satu program peduli pingkungan Lantamal Ambon dalam rangka peringatan HUT TNI tahun ini,” kata Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Said Latuconsina bersama para personel menyikat tangga menuju monumen agar terlihat bersih dari lumut serta memotong rumput dan menata tanaman di sekitar lokasi itu.

Upaya itu juga untuk mempercantik monumen yang menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Ambon. Letak monumen itu strategis, yakni di perbukitan Karang Panjang dengan pemandangan Teluk Ambon yang tampak indah.

Aksi sosial itu juga sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan perempuan asal Maluku yang gugur pada usia belia itu untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.

“Saya berharap perjuangan Martha Christina dapat diikuti generasi Maluku saat ini, termasuk seluruh personel lantamal untuk terus berjuang membangun dan memajukan bangsa dan negara,” katanya.

Perjuangan pahlawan nasional perempuan asal Maluku itu, kata dia, hendaknya dijadikan teladan.

“Mari kita bergandengan tangan, rapatkan barisan menuju Maluku sejahtera, aman, dan sehat bebas COVID-19. Cita-cita luhur ini hanya bisa dijawab dengan sikap satria dan pemberani,” ujarnya.

Dia juga berharap, warga yang mengunjungi monumen tersebut menjaga dan merawat lokasi itu dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Share:
Komentar

Berita Terkini