Festival Pesona Negeri Suli Pulau Ambon Padukan Kolaborasi Seni Budaya dan Wirausaha

Share:

satumalukuID – Festival Pesona Negeri Suli akan dilaksanakan pada 29 – 31 Oktober 2021. Event di Negeri Suli, Pulau Ambon ini sebagai upaya mengembangkan potensi pariwisata Provinsi Maluku.

Rencananya Festival Pesona Negeri Suli akan dibuka anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara.

“Jika tidak ada halangan akan ditinjau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat kunjungan di kota Ambon,” kata Penanggung jawab festival pesona negeri Suli, Stella Matitaputty, Sabtu (23/10/2021).

Dia mengatakan, kegiatan ini akan menampilkan atraksi pentas seni oleh pelajar SD hingga SMA di negeri Suli.

Selain itu juga akan dibuka klinik keuangan dan pelayanan publik. Di klinik disediakan booth lembaga jasa keuangan yang dapat dikunjungi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait akses pembiayaan kredit.

Kegiatan ini juga menyiapkan loket pembuatan NPWP, konsultasi pembayaran pajak dari Bapenda Provinsi Maluku serta pameran ekonomi kreatif karya UMKM binaan Bank Indonesia.

Dijelaskan, Negeri Suli merupakan desa binaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Maluku.

Diharapkan festival ini menjadi sebuah daya dorong sekaligus kalender even pariwisata di Maluku.

“Sehingga masyarakat baik di Suli, maupun diluar daerah, serta wisatawan domestik dapat manfaatkan sebagai bagian agenda perjalanan wisata,” ungkap Stella.

Ia mengemukakan, kegiatan ini merupakan sebuah gerakan yang lahir dari masyarakat, bahwa ada kesadaran terkait potensi pariwisata di negeri Suli.

Kalau dulu orang hanya mengenal Suli karena pantai Natsepa. Sekarang, melalui wadah berhimpun UMKM The Sitanala Corner, melahirkan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Negeri Suli yang memiliki inisiatif mengembang destinasi pariwisata. (m15)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini