Anggota DPR Apresiasi Negeri Latuhalat Jadi Desa Inovasi Mitigasi Bencana Berbasis Vegetasi

Share:

satumalukuID – Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon telah ditetapkan sebagai desa inovasi mitigasi bencana berbasis vegetasi di Provinsi Maluku.

Sebagai Wakil rakyat, Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Mercy Chriesty Barends mengapresiasi upaya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadikan Negeri Latuhalat sebagai desa inovasi mitigasi bencana berbasis vegetasi di Provinsi Maluku.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Negeri dan warga Latuhalat melalui kolaborasi dengan BRIN, untuk menjadi desa inovasi mitigasi bencana berbasis vegetasi melalui pengembangan tanaman sukun (Artocarpus altilis),” kata Mercy di Ambon, Sabtu (23/10/2021).

Pengembangan Latuhalat sebagai desa inovasi, atas kerja sama Komisi VII DPR-RI bersama BRIN yang menggelontorkan dana sebesar Rp200 juta untuk pengembangan budidaya dan pembibitan varietas tanaman sukun jenis kapas.

Program pembibitan tanaman sukun dilakukan dalam rangka menghadapi tantangan perubahan iklim abrasi pantai maupun ancaman tsunami yang sering terjadi di Provinsi Maluku.

Menurut anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu, ide mengembangkan Latuhalat sebagai desa inovasi berbasis vegetasi, bermula dari program BRIN untuk mengembangkannya bekerja sama dengan Komisi VII DPR-RI.

“Melalui kerja sama dengan BRIN maka saya mendorong Negeri Latuhalat sebagai desa inovasi berbasisi vegetasi, khususnya pengembangan tanaman sukun kapas ini dan akhirnya melalui sejumlah penilaian maka programnya dapat dilaksanakan,” katanya.

Dia juga mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan BRIN bersama pemerintah dan masyarakat Latuhalat melibatkan Bumdes setempat, apalagi melibatkan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (Unpatti)Ambon untuk pengembangan teknologi pertanian tepat guna.

Lokasi pembibitan sukun yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 500 ribu anakan, juga dijadikan sebagai tempat praktek kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Unpatti Ambon.

Share:
Komentar

Berita Terkini