Jembatan Air Besar Halong Patah, Lantamal IX Ambon Ijinkan Jalur Alternatif Sampai Jam Enam Sore

Share:

satumalukuID- Jembatan yang berada di Kawasan Air Besar, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, akhirnya patah pada Senin (12/7/2021).

Jembatan di ruas jalan Piere Tendean, penghubung Desa Galala dan Desa Passo itu jatuh ke dalam sungai Air Besar kawasan tersebut.

Peristiwa yang terjadi dini hari tadi tidak memakan korban jiwa. Hanya saja, satu unit rumah warga yang berada di bawahnya ikut rusak.

Tidak semua badan jembatan ambruk. Hanya pada bentangan jembatan di sebelah kanan (dilihat dari tempat pengisian air pada mobil tanki air) yang jatuh ke dalam sungai.

Ambruknya jembatan setelah terjadinya longsor bawah fondasi. Ini setelah terjadi pengikisan derasnya air sungai yang dipicu akibat tingginya intensitas curah hujan sepekan terakhir.

Saat ini, akses lalu lintas dari dan menuju Desa Galala dan Passo sudah diarahkan melewati jalur alternatif. Yakni kawasan Markas Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon.

Jalur alternatif yang dibuka Lantamal IX Ambon, pasca ambruknya jembatan Air Besar Halong.

Lalu lalang kendaraan dari dan menuju Pusat Kota Ambon dengan melintasi kawasan perkantoran dan asrama militer TNI AL tersebut terjadi setelah diijinkan pihak Lantamal Ambon.

“Kami sudah membuka akses jalan masuk dari Pos Latta menuju Pos Tanah Merah sebagai jalur alternatif,” ungkap Kepala Dinas Penerangan Lantamal IX Ambon, Kapten Masrukin.

Meski mengijinkan akses lalu lintas sebagai jalur alternatif, namun pihak Lantamal Ambon hanya mengijinkan mulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 WIT.

Selain itu, kendaraan yang dilarang melintas adalah truk dengan muatan berat.

“Penjagaan Kesatrian Lantamal IX sebagai jalur alternatif terhitung mulai Senin 12 Juli 2021 dari Pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WIT,” katanya.

Menurut Masrukin, diijinkannya akses jalan pada kawasan militer tersebut merupakan bentuk pengabdian nyata TNI AL kepada masyarakat.

“Tindakan ini merupakan komitmen dan salah bukti nyata dari pengabdian Lantamal IX, yaitu dengan senantiasa hadir dan siap membantu berbagai kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat,” katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini