Kota Ambon Raih Penghargaan API; Rumah Pohon Waai dan Tenun Tanimbar Masuk Nominasi Terbaik

Share:

satumalukuID – Kota Ambon dipastikan meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020 untuk kategori Brand Pariwisata Terpopuler dengan andalanya City of Music.

Pada ketegori ini, Kota Ambon menjadi terbaik setelah dinominasikan bersama Provinsi Riau dengan branding The Homeland Melayu dan Provinsi Lampung The Treasure of Sumatera.

Kepastian meraih penghargaan bergengsi bidang pariwisata ini diungkap Kepala Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ambon. Rico Hayat, Rabu (19/5/2021) sebagaimana dirilis website resmi Pemkot Ambon.

Rencananya, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler akan menghadiri acara penganugerahan API yang akan dilaksanakan pada Kamis (20/05/2021) di Inaya Bay Komodo Hotel Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Data penyelenggara API 2020 menunjukkan, selain kategori Brand Pariwisata Terpopuler,  ada juga kategori lain yang dilombakan. Salah satunya adalah Kategori Destinasi Kreatif Terpopuler dimana Rumah Pohon Waai (Maluku Tengah) terpilih sebagai salah satu dari tiga nominasi terbaik.

Pada kategori tersebut, Rumah Waai (Maluku Tengah) bersaing dengan Jembatan Rawa Karindangan (Kab.Tanjabung Barat) dan Kmpung Tridi (Kota Malang).

Sedangkan untuk kategori Cindera Mata Terpopuler, Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang mengandalkan Tenun Tanimbar juga terpilih sebagai satu dari tiga nominasi terbaik bersama Badak Kayu (Kab. Pandeglang) dan Rencong Batu (Kab. Aceh Selatan).

Kabupaten Maluku Barat Daya dengan andalanya Welora juga masuk nominasi terbaik kategori Destinasi Baru Terpopuler bersama Pasir Timbul Bone Labunta (Kab. Buton Tengah) dan Pulau Semau (Kab. Kupang).

Baca Juga: Fanuella Evangelista Parera, Perancang Logo Ambon City of Music yang Masuk 3 Besar Brand Pariwisata Terpopuler 2020 

Untuk kategori Wisata Olahraga Petulangan Terpopuler, Kabupaten Buru juga masuk nominasi terbaik dengan andalannya Tarawesi Motorcross dan harus bersaing dengan Panjat Tebing Silokek, (Kab.Sijunjung) serta Skyland Supermoto (Kab.Musi Banyuasin).

Dan yang menarik Provinsi Maluku juga masuk nominasi terbaik kategori Promosi Pariwisata Digital untuk IG @exoticmalukutourism. Pada kategori ini, Provinsi Maluku bersaing dengan  FB @PromosiPariwisataKlungkung (Kab.Klungkung) dan WEB pariwisatapelalawan.com  (Kab. Pelalawan).

Selain itu, masih ada juga kategori lain dimana tak satupun kabupaten, kota di Provinsi Maluku yang masuk nominasi.

Kategori lain yang dilombakan adalah Dataran Tinggi Terpopuler, Destinasi Unik Terpopuler, Atraksi Budaya Terpopuler, Wisata Air Terpopuler, Destinasi Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Festival Pariwisata, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler dan Surga Tersembunyi Terpopuler.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini