PLN Akhirnya Listriki Pulau Run, Ay dan Hatta di Kepulauan Banda

Share:

 

satumalukuID- PLN akhirnya melistriki tiga Pulau Bersejarah yang berada di Kepulauan Banda yaitu Run, Ay dan Hatta, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua saat Peresmian Penyalaan Desa Berlistrik di Pulau Run, Ay dan Hatta, pada Sabtu (12/24/2021), menyampaikan apresiasi atas upaya PLN dalam menghadirkan listrik bagi warga di Pulau Run, Ay dan Hatta.

“PLN telah membuktikan komitmen pemerintah dan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kesediaan listrik yang merata sehingga dapat mensejahterakan masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan,” kata Abua.

Senada, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan para stakeholder sehingga pihaknya bisa menghadirkan listrik untuk tiga pulau tersebut.

“Ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari PLN dalam mendukung pariwisata dan perekonomian masyarakat. Kami pun mengucapkan terimakasih kepada para stakeholder, khususnya masyarakat yang telah antusias membantu kami dalam proses penurunan mesin sehingga sesuai jadwal yang kami harapkan,” terangnya.

Tiga Pulau itu dialiri listrik dengan investasi senilai Rp 9,38 milyar. PLN menyediakan 4 mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Pulau Run berkapasitas 100 dan 40 Kilo Watt (kW), Pulau Ay 100 kW dan Pulau Hatta 40 kW.

PLN juga membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dengan panjang total 8,2 kilo meter sirkuit (kms) untuk melistriki 989 pelanggan di tiga pulau itu.

“Dengan terlistrikinya ketiga pulau tersebut, Kami berharap dapat mendukung sektor pariwisata serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” harap Adams.

Masuknya listrik yang selama ini sangat dinanti warga di tiga Pulau itu, tentu menyenangkan warga. Wa Ode Murni (48) salah satu warga di Pulau Run, menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah melistriki tempat tinggalnya.

Dengan masuknya listrik PLN, Ibu 48 tahun itu tidak lagi mengeluarkan biaya per bulan sebesar Rp.170 ribu. Biaya perbulan itu merupakan pembayaran listrik berdaya 450 Volt Ampere (VA) yang terpasang di rumahnya.

“Terima kasih PLN. Dan sekarang kami dapat lebih hemat dengan menggunakan listrik dari PLN,” katanya.

Untuk diketahui, pemakaian listrik PLN dengan daya sebesar 450 VA hanya akan membayar biaya perbulan berkisar Rp.44 ribu. Sedangkan untuk daya 900 VA berkisar Rp.110 ribu per bulan.

Kepulauan Banda sendiri terkenal dengan destinasi wisata yang eksotis bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Daerah ini juga dikenal dengan kekayaan rempahnya. Pulau Run sendiri, bahkan pernah tercatat dalam Perjanjian Breda yang merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Share:
Komentar

Berita Terkini