Menteri Kelautan dan Perikanan Harap Pembangunan Pelabuhan Perikanan Modern di Ambon Bisa Menyamai Jepang

Share:

satumalukuID- Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono sebut, seluruh potensi ekonomi sektor perikanan atau biota kelautan di Indonesia Timur akan berpusat di Ambon. Dengan begitu, pertumbuhan perekonomian di Ambon akan semakin meningkat.

“Perekonomian di sini nanti tumbuh. Itu menjadi tugas dan pekerjaan saya,” ucap Menteri Wahyu kepada wartawan di atas KM Siwalima usai meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Perikanan terintegrasi dengan Ambon New Port di perbatasan Negeri Waai dan Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Jumat (5/2/2021).

Wahyu berharap pembangunan Pelabuhan Perikanan yang modern di Ambon bisa menyamai Jepang.

“Kita harap ada terbentuknya atau terbangunnya satu pelabuhan perikanan yang modern seperti kayak di Jepang misalnya Sukiji itu bagus sekali,” harapnya.

Untuk mewujudkan pelabuhan perikanan yang modern tersebut, Wahyu mengaku membutuhkan penyediaan sarana dan prasarana. Seperti sarana pelabuhan, perijinan infestasi dan perijinan wilayah.

“Nah untuk penyediaan sarana pelabuhan tentu itu adalah tugas dan tanggungjawabnya bapak menteri perhubungan. Untuk perijinan infestasi dan sebagainya menjadi tugasnya kepala BKPM. Lalu kemudian perijinan wilayah saya kira di sini ada bapak Gubernur. Nah saya mempersiapkan dari aspek ekonominya,” jelasnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang akan ditumbuhkan dari sektor ikan dan lain sebagainya, berkaitan dengan biota laut.

“Nah ini yang sedang kita siapkan. Saya kira mohon dukungan dari seluruh rekan-rekan media untuk supaya pembangunan ekonomi timur ini sudah bisa kita laksanakan sehingga nanti menjadi legecy pemerintahan ini ke depan,” tandasnya.

Foto: Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono saat memberikan keterangan pers di atas KM Siwalima, di Pelabuhan Hurnala, Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (5/2/2021). (satumalukuID/Husen Toisuta)

Share:
Komentar

Berita Terkini