Mensos akan Akomidir Kekurangan Bantuan Sosial Tunai Kota Ambon

Share:

satumalukuID – Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Batubara, Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Batubara berjanji untuk mengakomodir kekurangan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi Kota Ambon. Dia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, atas keakuratan data yang dilaporkan, serta berjanji untuk mengawal proses penyaluran BST.

“Boleh dibilang Kota Ambon termasuk salah satu Kabupaten/Kota terbaik dalam hal pendistribusian bansos kepada masyarakat. Data yang dimasukkan juga lengkap karena berdasarkan identitas Kartu Keluarga dan NIK Penerima,” ungkap Juliari, saat pertemuan bersama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Gedung Kementerian Sosial RI, Jakarta, Kamis (06/08/2020).

Dia sampaikan, terkait kekurangan yang menjadi persoalan Kota Ambon akan dia kawal prosesnya hingga tuntas.

Pada kesmpatan yang sama, Wali Kota Richard, menambahkan bahwa total penerima bantuan di Kota Ambon sebanyak 51.079 yang terdiri dari BST, PKH, Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Keluarga Miskin Baru (Misbar) dampak Covid-19.

“Daftar Keluarga Miskin Terpadu di Kota Ambon yang dikeluarkan Kementerian Sosial adalah sebanyak 27.789, sisanya sebesar 23.293 masuk dalam BLT dan Bantuan Sembako kepada Keluarga Misbar,” jelasnya.

Sedangkan untuk data yang dikeluarkan oleh Kemensos, dia katakan sebanyak 27.786, di dalamnya termasuk data BST sebanyak 13.986, dan yang baru terakomodir sebayak 11.514, sisa 2.472.

“Namun berdasarkan data yang diperoleh di lapangan didapati sebanyak 2.671, terdiri dari 2.116 untuk Negeri Batumerah, 411 untuk Negeri Passo, dan 114 untuk Desa Hative Kecil,” paparnya.

Wali Kota Richard, mejelaskan bahwa Kemensos menyanggupi untuk mengakomodir kekurangannya dalam waktu dekat. Dan kami mengapresiasi serta berterima kasih kepada Menteri Sosial atas keputusan yang ditetapkan untuk membantu kekurangan BST di Kota Ambon.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Ambon, saya berterima kasih atas keputusan yang ditetapkan Menteri Sosial, untuk membantu Kota Ambon dalam memenuhi kuota BST yang diperlukan,” tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini