Anggota DPR Mercy Barends Salurkan Bantuan Beras dan Masker kepada Warga Ambon Terdampak Covid 19

Share:

satumalukuID – Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Mercy Chriesty Barends (MCB) menyalurkan bantuan lima ton beras serta 2.000 masker kain, kepada warga Kota Ambon yang terdampak pandemi COVID-19.

“Ini bentuk solidaritas, tanggungjawab serta keterpanggilan beta (saya) untuk membantu basudara (saudara) di Kota Ambon yang terdampak COVID-19,” kata Mercy Barends dalam video conference dari Jakarta saat menyalurkan bantuan kepada warga dua RT yang bermukim di sekitar rumah aspirasinya di kawasan Soya Kecil, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Ambon, Selasa (28/4/2020).

Dalam video conferencenya, Mercy menyatakan, aksi sosial yang dilakukan melibatkan tim rumah aspirasinya tersebut, untuk menyikapi dampak meluasnya pandemi COVID-19 di Maluku, di mana tercatat hingga Senin (27/4) 23 orang warga positif terinfeksi virus mematikan itu.

“Beta sebagai representasi masyarakat Maluku ikut bertanggung jawab membantu basudara ditengah keterpurukan hidup dan keterbatasan akses karena pandemi ini,” katanya.

Mercy juga menegaskan, dirinya ikut terpanggil untuk membantu para dokter dan tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menangani pandemi COVID-19.

Sedangkan bantuan tahap pertama dipercayakan tim kepada rumah aspirasi MCB untuk menyalurkannya kepada warga yang terdampak dan benar-benar membutuhkan.

Mercy juga mengatakan, saat ini semua orang terpanggil bahu-membahu menanggulangi Covid-19, dan kehadiran rumah aspirasi MCB diharapkan menjadi tulang punggung dalam perjuangan ini.

Sedangkan Direktur rumah aspirasi (RA) MCB, Victor H. Soukotta, saat penyerahan bantuan bagi warga sekitar lokasi  rumah aspirasi MCB, di kawasan Soya Kecil, menyatakan, penyaluran bantuan tersebut disatukan dengan penyemprotan disinvektan terhadap rumah-rumah warga di dua RT setempat.

“Khusus penyemprotan kami fokuskan untuk warga yang bermukim di dua RT sekitar rumah aspirasi MCB. Tidak tertutup kemungkinan tim RA MCB akan meluaskan cakupan penyemprotan disinvektan pada rumah-rumah warga di kelurahan atau desa lainnya di Kota Ambon,” katanya.

Sedangkan penyaluran beras dan masker kain menjangkau warga di lima kecamatan yakni Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Leitimur Selatan dan Teluk Ambon.

Bantuan juga diberikan kepada puluhan wartawan yang bertugas di garda terdepan dalam memberitakan perkembangan pandemi COVID-19 di Maluku.

“Minimal perwakilan warga kurang mampu dan benar-benar terdampak COVID 19, dari tiga hingga lima kelurahan dan desa di setiap kecamatan dapat memperoleh bantuan ini, sehingga mengurangi beban ekonomi yang dirasakan saat ini,” ujar Viktor.

Selain desa dan kelurahan, pihaknya juga membagikan beras dan masker kepada kelompok pekerja harian lepas seperti sopir angkot, tukang ojek, pengayuh becak dan tukang parkir di Kota Ambon.

Fokus bantuan kepada sopir angkot, tukang ojek dan pengayuh becak ini dilatari pemikiran penghasilan mereka cenderung menurun karena keputusan pemberlakuan kerja dari rumah (Work From Home-WFH) oleh pemerintah untuk memotong mara rantai penyebaran virus COVID-19.

Tim Rumah Aspirasi, tambah Viktor akan membagikan bantuan ini kepada pengayuh becak, tukang ojek dan sopir angkot di beberapa ruas jalan yang telah ditentukan, termasuk mendatangi pangkalan ojek dan becak untuk menyalurkan bantuannya.

Ditambahkan, bantuan tahap kedua yakni alat pelindung diri (APD) berupa 100 kotak masker medis, 100 pcs kaca mata medis, 100 boks sarung tangan medis, serta 100 pcs Coverhall (baju medis), akan difokuskan penyalurannya kepada para doter dan tenaga medis yang ada di sejumlah rumah sakit rujukan, termasuk diperluas di kabupaten -kota di Maluku.

“Jangan dilihat besar-kecilnya bantuan, tetapi niat tulus dan kesungguhan MCB sebagai representasi masyarakat Maluku untuk membantu basudaranya di tengah kesulitan hidup akibat pandemi COVID-19 ini,” ujar Viktor Soukotta.

Sedangkan Ketua RT 002/05 Lory Sipasulta mewakili warga di dua RT di Soya Kecil, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada anggota Mercy Barends atas kepedulian membantu warga yang terpuruk ekonominya di tengah pandemi COVID-19.

“Atas nama warga Soya Kecil saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada ibu Mercy karena ikut peduli akan kesulitan yang dihadapi masyarakat ditengah wabah penyakit ini,” tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini