Baileo Negeri Akoon Diresmikan

Share:

satumaluku.id- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, SH mengapresiasi peresmian dan penggunaan Baileo, “Peimahu Kutalo Tounussa Hatalepu” Negeri Akoon Kecamatan Nusa Laut Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (23/10).

Dalam adat istiadat masyarakat Maluku, Baileo merupakan tempat pertemuan bagi tua-tua adat maupun masyarakat dalam melakukan pertemuan-pertemuan adat, sekaligus sebagai tempat bermusyawarah untuk mencapai mufakat.

Menurut Bupati Tuasikal, Baileo bagi masyarakat di Maluku khusus di kabupaten berjuluk Pamahanunusa termasuk di Negeri Akoon, merupakan bagian dari upaya melestarikan pranata adat dan budaya sebagai identitas kultural yang diperlukan dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat
seperti di Negeri Akoon.

Peresmian Baileo Negeri Akoon, kata dia, sangat penting karena memiliki sejarah yang panjang bagi Negeri Tounussa Hatalepu, melalui pelestariannya untuk mengingatkan kembali sejarah terbentuknya negeri adat, sekaligus mempertahankan kultur budaya sebagai pedoman kehidupan masyarakat yang beradab dalam bingkai kehidupan yang damai dan sejahtera.

Kekayaan adat dan budaya maupun nilai estetika yang universal pada setiap negeri adat harus dijaga dan dilestarikan, guna kemajuan dan kebaikan bersama bagi masyarakat secara umum di Kabupaten Maluku Tengah teristimewa bagi negeri-negeri yang memiliki hukum adat tersendiri seperti di Negeri
Akoon.

“Pembangunan dan pengresmian Baileo Negeri Akoon sebagai upaya melestarikan adat dan budaya kearifan lokal masyarakat Negeri Akoon,” terangnya. (novi)

Share:
Komentar

Berita Terkini