Warga di Jazirah Leihitu Maluku Tengah Laksanakan ibadah Salat Idul Fitri 1445 H

Share:


satumalukuID - Masyarakat Muslim di sejumlah negeri di Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, telah melaksanakan ibadah salat Idul Fitri 1445 Hijriah pada Selasa (9/4/2024).

Warga yang merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1445 Hijriah ini, antara lain, berasal dari Negeri Hila, Kaitetu, Seith, dan Negeri Lima.

Menurut Abdul Kadir Ollong, seorang Imam masjid di Negeri Hila, penetapan 1 Ramadhan 1445 hijriah di Hila didasarkan pada perhitungan/hisab menggunakan kalender tua.

"Untuk penetapan 1 Ramadhan, kita mulai menghitung dari 1 Muharam 1445 Hijriah, dan semua itu seirama sampai dengan 1 Syawal hari ini," kata Ollong.

Pelaksanaan salat Idul Fitri berlangsung di Masjid Hasan Sulaiman Hila, dipimpin oleh Imam dan khatib Masjid Hasan Sulaiman Hila, Yusuf Lating. Salat Id di Hila berjalan dengan aman, lancar, dan khidmat.

Ollong menyatakan bahwa warga Hila mulai berpuasa pada Minggu (10/03) dan berpuasa selama 30 hari. Oleh karena itu, hari ini mereka melaksanakan salat Id.

Pelaksanaan salat Id di Kaitetu, Seith, dan Negeri Lima juga berlangsung dengan aman dan lancar, seiring dengan kesamaan perhitungan atau hisab dalam menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah.

Selain empat desa tersebut, Negeri Wakal juga melaksanakan shalat Id lebih awal pada Senin (08/04). Sementara itu, negeri lainnya di Leihitu, seperti Hitu, Mamala, Morella, Ureng, dan lainnya, akan melaksanakan shalat Id pada Rabu (10/04).

Tahun ini, Kementerian Agama baru akan menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 Hijriah pada Selasa, 9 April 2024. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini