Gereja Maranatha dan Makam Joseph Kam Masuk dalam 10 Cagar Budaya di Ambon

Share:

Gereja Maranatha

satumalukuID
– Saat daerah lain di Maluku belum memiliki Tim Ahli Cagar Budaya, Kota Ambon sejak 2021 lalu sudah menetapkan 10 cagar budaya yang perlu dipertahankan keberadaannya.

Sesuai Keputusan Wali Kota Ambon Nomor 802- 811 Tahun 2021 tentang Benda Cagar Budaya, diketahui cagar budaya yang ditetapkan tersebut adalah Meriam Waimahu Latuhalat, Meriam Jepang Air Salobar Atas, Patung Fransiskus Xaverius, Masjid Jami, Gereja Maranatha.


Kemudian Gereja Menara Iman, Monumen Makam Joseph Kam, Tugu Dolan, Benteng Middleburg, Situs Cagar Budaya Negeri Soya.

Kepala bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Esaf Malioy beberapa waktu lalu menjelaskan cagar budaya sangat penting untuk dipertahankan keberadaanya sesuai UU No 11 Tahun 2010.

 

Tim ahli cagar budaya telah melakukan kajian, identifikasi dan klasifikasi terhadap benda bangunan, struktur, lokasi dan satuan ruang geografis pada masing-masing objek yang diduga cagar budaya yang ada di wilayah Kota Ambon.

Ia berharap ke depan ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat serta dukungan dari berbagai pihak diyakini dapat mendorong munculnya partisipasi dalam melestarikan cagar budaya. (alvi petra)

Share:
Komentar

Berita Terkini