Pelabuhan Tulehu Layani 18.830 Pemudik hingga H+4 Lebaran

Share:

Suasana di Pelabuhan Tulehu, Pulau Ambon, Maluku Tengah.

satumalukuID - Pelabuhan Tulehu, Maluku Tengah, melayani sebanyak 18.830 pemudik yang melakukan perjalanan melalui kapal laut hingga H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tulehu, Margarita Wattimury, data tersebut mencakup periode mulai dari H-15 Idul Fitri 1445 Hijriah hingga data terakhir pada H+4.

Wattimury menjelaskan bahwa data yang terhimpun mencatat 12.184 orang naik dan 6.646 orang turun dari kapal laut selama periode tersebut.

Menurutnya, angka tersebut menunjukkan penurunan sebesar 24 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023, dengan 11.584 penumpang naik dan 8.527 penumpang turun.

Wattimury menambahkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan, yakni sebesar 262 persen, pada H+1 Idul Fitri.

Meskipun demikian, pihaknya memastikan bahwa lima kapal cepat siap melayani arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah, antara lain Kapal cepat Expres Cantika Torpedo, E C 88, E Pricilia 99, EC. Inova (cadangan), dan Kapal Cantika Lestari 99B (Fery).

Kelima kapal tersebut melayani rute menuju wilayah Haruku, Saparua, Masohi, Banda, dan beberapa pulau lainnya di wilayah Maluku Tengah.

[cut]

Wattimury menegaskan bahwa semua calon penumpang akan dilayani dengan baik, termasuk penumpang program kegiatan mudik gratis, untuk mencegah penumpukan calon penumpang.

Demi kenyamanan penumpang, pihaknya memaksimalkan fasilitas yang ada, termasuk ruang tunggu dan fasilitas pendukung lainnya.

Mereka juga menyiapkan KN Kalawai dari Pelabuhan Tual sebagai cadangan jika diperlukan.

Di sisi lain, Pelabuhan Amahai di Maluku Tengah mencatat menjadi tujuan terbanyak pemudik pada Idul Fitri 1445 Hijriah, dengan 4.463 penumpang yang menuju ke sana dari 38 pelayaran menggunakan kapal cepat, sejak H-15 hingga H+4 Idul Fitri.

Margarita mengungkapkan bahwa penyeberangan menuju Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu menggunakan KM Priscilla-99 dan KM Cantika Torpedo yang dikelola oleh PT Pelayaran Dharma Indah, serta tiga kapal lainnya yaitu KM. E C 88, KM EC. Inova (cadangan), dan Kapal Cantika Lestari 99B (Fery). (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini