Kabupaten Buru Jadi Destinasi Utama Pemudik pada Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah

Share:

Pengecekan kesiapan kapar feri di Pelabuhan Galala Ambon

satumalukuID - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon mengungkapkan bahwa Kabupaten Buru Maluku telah menjadi destinasi utama bagi pemudik pada perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas KSOP Ambon, Iyan Ashari, Namlea Kabupaten Buru menjadi tujuan pemudik terbanyak dengan jumlah 6.305 orang penumpang kapal.

Data ini merupakan hasil penghitungan selama dua minggu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan Pelabuhan Slamet Riyadi Kota Ambon.

Iyan menjelaskan bahwa jumlah pemudik tersebut mencakup penumpang yang memperoleh kuota mudik gratis, baik dengan menggunakan kapal Pelni maupun kapal cepat yang dioperasikan oleh pihak swasta.

Peningkatan jumlah penumpang tersebut diimbangi dengan peningkatan fasilitas pelabuhan yang telah ditingkatkan oleh KSOP Ambon, termasuk pengecekan dan peningkatan fasilitas terminal, parkir, pintu masuk dan keluar kendaraan, serta penertiban pedagang asongan.

Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pemudik.

[cut]

Langkah ini juga diambil untuk memastikan kenyamanan selama proses arus balik dari Kabupaten Buru pada Idul Fitri 1445 H.

KSOP Ambon bersama pihak terkait juga secara intensif memantau posko keamanan yang didirikan di dua pelabuhan tersebut.

Selain Namlea Kabupaten Buru, daerah tujuan mudik terbanyak via kapal laut dari Maluku juga mencakup Banda Naira (4.126 penumpang), Baubau (Sulawesi Tenggara) (2.349 penumpang), dan Tual (1.875 penumpang).

KSOP Ambon berharap agar arus mudik dan arus balik dapat berjalan kondusif tanpa kendala yang berarti. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini