BMKG Prediksi Hujan Ringan Berpotensi Terjadi di Maluku Selama Perayaan Idul Fitri

Share:


satumalukuID - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Maluku selama perayaan Idul Fitri. 

Prakiraan tersebut menyatakan bahwa hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Maluku.

“Dalam merumuskan prakiraan cuaca ini, BMKG mempertimbangkan beberapa faktor yang memengaruhi pembentukan awan hujan di wilayah tersebut, terutama pada rentang tanggal 8 hingga 14 April 2024,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Kamari, Senin (8/4/2024).

Kamari menjelaskan bahwa hasil analisis angin lapisan atas menunjukkan adanya pola sirkulasi udara di tenggara Papua yang mengakibatkan pembentukan daerah konvergensi dan perubahan arah angin di wilayah Maluku. 

Suhu permukaan laut yang hangat di wilayah Maluku, didukung oleh tingginya kelembapan udara, meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah tersebut selama satu minggu ke depan.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang disertai kilat dan angin kencang, dapat terjadi secara lokal dan dalam durasi singkat di beberapa wilayah Maluku. 

[cut}

Wilayah-wilayah yang diprediksi akan berpeluang hujan ringan hingga sedang meliputi Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan, Seram Bagian Barat, Kota Ambon, Kepulauan Aru, Kota Tual, dan Maluku Tenggara.

"Kondisi ini juga diperkirakan akan terjadi pada pagi hingga siang hari saat umat Muslim merayakan Idul Fitri pada tanggal 10-11 April 2024," tambahnya.

Adapun rata-rata suhu udara diperkirakan akan berada di kisaran 23 hingga 33 derajat Celsius, sementara kelembapan udara diperkirakan berkisar antara 65 hingga 100 persen. 

Angin dominan diperkirakan akan bertiup dari arah tenggara-utara dengan kecepatan antara 20 hingga 45 km/jam. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini