Wattimena Tak Lagi Diajukan, DPRD Proses 3 Nama Calon Pj Wali Kota Ambon ke Kemendagri

Share:


satumalukuID – Nama Bodewin Wattimena tak lagi diajukan menjadi Penjabat Wali Kota Ambon.

Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisutta mengatakan nama Bodewin Wattimena tak lagi diajukan karena sudah dua kali menjabat sebagai Pj Wali Kota Ambon.

“DPRD Kota Ambon telah mengusulkan tiga nama calon Penjabat Wali Kota Ambon kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” kata Elly Toisutta, Jumat (29/3/2024).

Adapun tiga nama yang diusulkan adalah Melky Lohy, Valentino S Sumitro, dan Apries Gaspers.

Usulan tiga nama calon ini dilakukan menyusul akan berakhirnya masa tugas Bodewin Wattimena sebagai Pj Wali Kota Ambon pada 23 Mei 2024.

Menurut Toisutta proses pemilihan tiga nama ini telah melalui pembahasan di antara fraksi-fraksi di DPRD Kota Ambon dan diputuskan melalui rapat paripurna internal.

Elly menjelaskan bahwa setelah diputuskan melalui rapat paripurna, tiga nama tersebut akan diusulkan secara daring dan kemudian disusul dengan pengiriman berkas fisik.

Sesuai dengan surat edaran yang diterima DPRD Kota Ambon, batas waktu pengusulan calon Pj Wali Kota adalah hingga 1 April 2024.

Lebih lanjut, Elly menegaskan bahwa proses pengusulan nama-nama calon Pj Wali Kota akan melibatkan Gubernur Maluku dan Kemendagri RI. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini