Pemkot Ambon Mulai Siapkan Mal Pelayanan Publik di Amplaz

Share:


satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon memulai proses pembangunan Mal Pelayanan Publik di Ambon Plaza (Amplaz).

 

"Hari ini kami memulai proses pembangunan mal pelayanan publik yang akan dibangun oleh PT Modern Multiguna, sesuai desain yang telah disetujui oleh Pemerintah Kota dan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, Rabu (20/3/2024).

 

Menurutnya, Mal Pelayanan Publik akan menjadi fasilitas penting untuk menyediakan pelayanan publik yang nyaman dan memudahkan proses perizinan investasi.

 

Dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik, semua proses perizinan dan non-perizinan akan terpusat di satu lokasi, yaitu lantai IV Ambon Plaza.

 

Bodewin mengatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas yang baik dalam pelayanan publik.

 

Pemerintah juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan membangun kepercayaan masyarakat.

[cut]

 

Pemkot Ambon berusaha menyederhanakan pelayanan dan meninggalkan sistem birokrasi yang rumit untuk menghindari pungutan liar, korupsi, dan nepotisme dalam pelayanan publik.

 

Dengan semua layanan difokuskan di satu lokasi, diharapkan tidak akan ada lagi kebutuhan untuk mengurus perizinan di berbagai tempat yang dapat mengakibatkan biaya tambahan bagi pelaku usaha.

 

"Diharapkan Mal Pelayanan Publik sudah dapat difungsikan pada tahun 2024, sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam pengurusan perizinan di satu lokasi," katanya.

 

Karena Pemkot Ambon tidak memiliki gedung yang memadai, Ambon Plaza dipilih sebagai lokasi pembangunan Mal Pelayanan Publik.

 

"Keputusan ini sejalan dengan berakhirnya kontrak pengelolaan Ambon Plaza pada September 2023 yang dikelola oleh PT Modern Multiguna. Oleh karena itu, pemenang tender pengelolaan gedung diwajibkan untuk memasukkan Mal Pelayanan Publik dalam rencananya," katanya.

 

Pimpinan PT Modern Multiguna, Sonny Waplau, menyatakan dukungan mereka dalam pembangunan Mal Pelayanan Publik yang akan ditandai dengan revitalisasi lantai IV.

 

Kehadiran Mal Pelayanan Publik ini diharapkan akan berdampak positif pada pendapatan para pelaku usaha di Ambon Plaza yang saat ini memiliki sekitar 2.000 pedagang dan beberapa tenant besar. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini