PAN Sementara Ungguli Semua Partai pada Perebutan Kursi DPR RI Dapil Maluku

Share:


satumalukuID – Partai Amanat Nasional (PAN) untuk sementara mengungguli partai-partai lain di Maluku dalam persaingan kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

Hasil perhitungan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Maluku dari suara masuk 33,05%, Sabtu (17/2/2024), PAN telah mengantongi 36.220 total suara caleg dan partai.

Hal ini didasarkan atas data pada 1858 dari 5622 TPS di Dapil Maluku.

Di posisi kedua, menyusul PAN adalah Partai Gerindra, selanjutnya PDI Perjuangan dan keempat adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sejauh ini Partai Gerindra sudah mengumpulkan total suara caleg dan partai 31.049.

Sedangkan PDI Perjuangan 26.417 dan PKS 26.666 suara.  

Adapun jatah kursi DPR RI untuk Dapil Maluku ada 4 orang.

[cut]

Saat ini, ada empat petahana DPR RI yang bertarung di Pemilu 2024. Mereka adalah Hendrik Lewerissa (Partai Gerindra),  Mercy Christy Barends (PDI Perjuangan), Saddiah Uluputty (PKS) dan Abdullah Tuasikal (Partai Nasdem).

Tingginya perolehan suara PAN di Pemilu 2024 Dapil Maluku dipicu kehadiran Widya Pratiwi sebagai caleg yang sudah meraih 29.188 suara.

Perolehan suara Widya Pratiwi ini sudah mengungguli keempat petahana DPR RI Dapil Maluku.

Bahkan, petahana Abdullah Tuasikal dari Partai Nasdem terancam gagal ke Senayan karena perolehan suaranya masih kalah dibanding ketiga petahana lain.

Sejauh ini Partai Nasdem baru mengumpulkan total suara caleg dan partai sebanyak 20.199.

Jika klasemen perolehan suara partai dan caleg ini bertahan hingga akhir perhitungan KPU, maka PAN akan mencatat rekor baru sebagai partai yang baru pertama kali lolos ke Senayan.

Selain itu, Widya Pratiwi juga menjadi pendatang baru di Senayan. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini