Kasdam Pattimura Lantik 35 Bintara Prajurit Karier Baru

Share:

Kasdam Brigjen TNI Agung Pambudi melantik bintara prajurit karier di Lapangan Upacara Makorindam XVI Pattimura. (foto: pendam Pattimura)

satumalukuID - Brigjen TNI Agung Pambudi, selaku Kasdam XVI Pattimura, menutup secara resmi pendidikan Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (Secaba PK) TNI AD TA. 2023.

Acara penutupan ini berlangsung di Lapangan Upacara Makorindam XVI Pattimura, Maluku Tengah, pada Senin (29/1/2024).

Kasdam melaksanakan tugas tersebut mewakili Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han).

Dalam rangkaian upacara penutupan, Kasdam melantik 35 orang siswa yang telah menyelesaikan Pendidikan Pertama.

Mereka diberi tanda pangkat Sersan Dua (Serda) dan menerima ijazah. Kasdam juga memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi yang menjadi lulusan terbaik.

Pangdam, melalui amanat yang dibacakan oleh Kasdam, menyampaikan selamat kepada para prajurit yang berhasil menyelesaikan pendidikan Bintara TNI AD dan resmi menjadi prajurit dengan pangkat sersan dua. Hari ini dianggap sebagai hari yang berbahagia bagi para prajurit, orang tua, dan keluarga mereka.

[cut]

"Hasil yang diraih hari ini bukanlah kebetulan, melainkan melalui proses panjang, mulai dari seleksi penerimaan hingga pendidikan pertama selama kurang lebih lima bulan. Ini untuk membentuk kemampuan fisik, akademik, dan mental agar menjadi prajurit TNI Angkatan Darat," ujar Kasdam.

Kasdam menekankan bahwa menjadi prajurit merupakan kebanggaan karena membawa tanggung jawab sebagai Bhayangkari Negara.

Namun, dengan kehormatan tersebut, prajurit tetap terikat oleh aturan hukum yang berlaku, baik sebagai warga Negara umum maupun aturan hukum bagi prajurit TNI.

"Oleh karena itu, hari ini, para prajurit yang baru dilantik harus bersumpah untuk tidak melanggar hukum dan norma yang berlaku, baik di dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga diingatkan untuk memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI," tutup Kasdam.

Acara penutupan diakhiri dengan foto bersama dan pemasangan foto siswa terbaik. Selanjutnya, dilakukan penampilan demonstrasi oleh mantan siswa yang baru dilantik. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini