Kompor Minyak Terjatuh, Satu Unit Rumah di Kawasan OSM Ambon Hangus Terbakar

Share:

Rumah milik Jakob Manuputty yang terbakar di kawasan OSM, Kelurahan Wainitu Ambon.

satumalukuID - Satu unit rumah di OSM, Jalan Nn Saar Sopacua RT 006/05 kelurahan Wainitu kota Ambon, pada Selasa (03/10/2023) pukul 08.15 WIT, hangus terbakar.

Rumah tersebut milik Jakob Manuputty (60), seorang pensiunan.

Humas Polresta Ambon dan PP Lease Ipda Janet Luhukay menjelaskan penyebab kebakaran akibat kompor yang terbalik dengan posisi masih menyala mengakibatkan tumpahan minyak menyebar dan membakar seluruh bangunan rumah.

Istri Jakob Manuputty terkejut ketika melihat kompor minyak yang sebelumnya digunakan untuk memasak air terjatuh ke lantai, dengan posisi kompor masih dalam keadaan menyala. Spontan dia mencoba melakukan pemadaman api secara manual.

Namun nyala api semakin membesar, diakibatkan tumpahan minyak dari kompor merambat ke karton kosong dan kain pintu sehingga cepat terbakar dan merambat ke semua sisi rumah.

Dia sempat memutuskan sekring listrik dan langsung bergegas menyelamatkan suaminya yang sementara sakit di dalam kamar untuk keluar menyelamatkan diri.

[cut]

Setelah itu saksi langsung meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan nyala api dengan alat sedanya, namun nyala api semakin membesar dan merembet ke bangunan rumah sebelah tepat pada salah satu kamar yang berada di lantai 2.

Luhukay menambahkan, Pukul 08.25 Wit, Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan WM.Anakotta bersama personil tiba di TKP kebakaran, dan langsung mengamankan TKP dan membantu melakukan pemadaman api secara manual serta membantu melancarkan jalur menuju lokasi TKP.

Pukul 08.30 WIT, 3 (Tiga) unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran tiba di TKP dan melakukan upaya pemadaman api.

Pukul 09.30 WIT,seluruh bangunan yang terbakar berhasil dipadamkan.

“Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian akibat dari kebakaran itu belum dapat dipastikan,” pungkasnya. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini