Pemkot Belum Mau Lantik Raja Negeri Naku, Wattimena: Mata Rumah Gasperzs Berembuk Dulu

Share:

Aksi demo di Baileo Negeri Naku yang menolak pengusulan nama Raja Naku yang diajukan Saniri Negeri, Senin (24/7/2023)

satumalukuIDPenjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena mengaku tidak mau buru-buru mengambil keputusan dengan melantik Zadrack Gasperzs sebagai Raja Negeri Naku, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Kota Ambon.

Dia menilai, masih ada masalah internal di dalam mata rumah parentah Gasperzs.

"Saya putuskan sesuatu lebih utamakan hati nurani. Saya tidak mau putusan saya malah timbulkan masalah baru," kata Bodewin, Selasa (22/8/2023)

Menurutnya, Negeri Naku hanya ada satu mata rumah parentah yakni Gaspersz. Masalahnya, dalam Faam Gasperzs, ada empat pancaran keturunan yang semuanya mengaku berhak menjadi Raja Naku.

"Saya maunya mereka berembuk dulu. Buat pertemuan, bicara secara baik-baik baru lah Pemkot Ambon menentukan kapan pelantikan raja, "ujar Bodewin.

Bodewin meminta kepala mata rumah Gasperzs dan calon raja yang diusulkan oleh badan Saniri Negeri Naku untuk mengumpulkan semua pancaran yang mengklaim punya hak sebagai raja.

"Urus dulu diinternal baru kami tindaklanjut. Saya sebagai pemimpin tidak bisa mengambil keputusan hanya karena pertimbangan rasionalitas saja, tapi hati nurani itu yang diutamakan, "tukasnya

Sebelumnya diberitakan, puluhan warga Negeri Naku, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Kota Ambon mendatangi Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (21/8/2023).

Kehadiran mereka untuk menemui pihak komisi I DPRD Kota Ambon guna membahas persoalan penundaan pelantikan raja definitif di negeri setempat. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini